Pemkab Tuban Anggarkan 9 M Untuk Tanggap Darurat

Tim relawan BPBD Tuban
Tim relawan BPBD Tuban

kotatuban.com-Pemerintah Kabupaten Tuban anggarkan sekitar 9 milyar anggaran tanggap darurat bencana, pencegahan dan penanggulangan bencana yang dialokasikan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban. Dana tersebut untuk semua kebutuhan siaga dan tanggap benca sepanjang tahun.

 

“Anggaranya sekitar 9 M yang siap digunakan untuk tanggapdarurat bencana BPBD Tuban,” ujar Joko Ludiono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban.

 

Menurut Joko, anggaran dari pemerintah daerah tersebut belum pasti alias dapat berubah, sebab jika anggaran tersebut ternyata kurang dalam perjalanan utuk penanggulangan bencana, maka akan ditambah dana lain dari pemrintah provinsi.

 

“Semoga cukupya, namun jika kurang maka akan dibakeup pemerintah provinsi dan ada juga dana siap pakai pemerintah pusat untuk bencana ini,” jelas Joko.

 

Namun demikian kata joko, BPBD tidak akan sembrono dalam penggunaan anggaran, sebab, pemerintah daerah juga dapat menggandeng perusahaan besar di Tuban dan perusahaan yang terkait akan kondisi bencana untuk berpartisipasi tanggap darurat.

 

“Dana tanggap darurat bencana itu bisa untuk bantuan sembako korban bencana, peralatan bencana dan sebagainya. Selai itu kami juga menggalanag perusahaan utuk partisipasi,” tambahya.

 

Tidak hanya berkaitan daengan penanganan bencana dan pendanaan, BPBD Tuban juga melakukan perekrutan relawan bencana, guna meningkatkan jumlah personil relawan untuk meminimalisir dampak bencana serta mengetahui potensi bencana. Penambahan jaringan relawan ini diharapkan mampu memperkecil resiko, dan tanggap dini bencana agar dampaknya dapat diperkecil.

 

“Kami juga memperbanyak jaringan relawan, mahasiswa dan kominitas, serta semakin banyak melakukan sosialisasi, kami berharap makin kecil resiko jika terjadi bencana,” imbuh  Kepala BPBD Tuban itu. (Kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban