Pemkab Tuban Dorong Masyarakat Gemar Kosumsi Ikan

Gebyar Gemar Ikan di Ranggajaya Anoraga
Gebyar Gemar Ikan di Ranggajaya Anoraga

kotatuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Tuban terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan kosumsi ikan. Upaya tersebut salah satunya dengan menggelar Gebyar Gemar Ikan di Gedung Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga, Jalan Sunan Kalijaga, Selasa (15/09).

Kegiatan Gemar Ikan tahun ini tampak digelar lebih meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Akan ada beberapa rangkaian acara mulai dari lomba cipta menu bahan ikan, lomba mewarnai ikan untuk anak-anak TK, bazar produk perikanan, dan festival bakar ikan.

”Tahun ini dibuat lebih meriah, supaya semakin bermakna dan dikenal masyarakat luas. Sehingga, masyarakat Tuban lebih suka lagi mengosumsi ikan,” jelas Ketua Forikan Tuban, Qodriyah Huda, dalam sambutannya.

Perempuan yang juga istri orang nomor satu di Tuban tersebut menjelaskan Indonesia merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia. Laut menyediakan sumber protein terbaik, asam amino, maupun vitamin yang sangat baik untuk pertumbuhan terutama untuk anak-anak.

”Nutrisi yang terkandung di ikan mudah diserap, konsumsi ikan diperlukan untuk anak-anak supaya tumbuh sehat dan bisa meningkatkan kecerdasan prestasi di sekolah,” jelas Qodriyah.

Menurutnya, karena hal inilah Gerakan Gebyar Gemar Ikan terus digalakkan. Bahkan, tingkat konsumsi makan ikan di Tuban dari tahun ketahun terus meningkat, pada tahun 2014 ini tingkat kosumsi ikan mencapai 31,44 kilogram perkapita pertahun. Sedangkan, tahun 2013 yaitu sebesar 27, 38 kilogram perkapita pertahun.

”Kita terus mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan, karena tingkat kosumsi ikan masyarakat Tuban masih dibawah nasional yakni 35 kilo pertahun perkapita. Tapi Tuban masih tinggi jika dibandingkan dengan tingkat kosumsi ikan Jawa Timur,” pungkasnya. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban