Pemkab Tuban Masih Inventarisir Kerugian Akibat Banjir

Akibat banjir, infrastruktur jalan potensial mengalami kerusakan
Akibat banjir, infrastruktur jalan potensial mengalami kerusakan

kotatuban.com– Hingga kini, Pemerintah Kabupaten Tuban ternyata belum mengetahui total kerugian akibat banjir yang melanda sedikitnya di enam kecamatan beberapa waktu lalu. Saat ini Pemkab bersama instansi terkait tengah melakukan inventarisir guna mengetahui jumlah kerugian baik dari sector pertanian maupun kerusakan infra struktur.

 

Keenam kecamatan yang terdampak banjir beberapa waktu lalu meliputi Kecamatan Soko, Rengel, Widang, Plumpang, Senori, dan Parengan.

 

“Posisi air bengawan saat ini aman dan berada di bawah siaga, sementara untuk kerugian akibat bencana masih dilakukan inventarisir,” ujar Saefiyudin, Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Tuban.

 

Menurut Asep, sapaan akrab Saefiyudin, inventarisasi tersebut masih dilakukan di dua Dinas, yakni Dinas Pertanian terkait kerugian pada sektor pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum terkait kerugian fisik dan infrastruktur daerah.

 

“Kita masih melakukan kordinasi lebih lanjut untuk mengetahui secara pasti jumlah kerugian yang disebabkan banjir,” terang Asep.

 

Lebih lanjut, Asep menegaskan, kerugian disektor Pertanian kelihatannya tidak terlalu besar, karena saat terjadi banjir, para petani di beberapa desa yang terdampak sudah melakukan panen.

 

“Kita juga berupaya secepatnya untuk mengetahui kerugian akibat banjir kemarin, agar rencana perbaikan segera di lakukan,” katanya.

 

Untuk diketahui, Pemkab Tuba juga telah menyalurkan bantuan untuk para korban banjir berupa paket sembako yang dibagikan di beberapa kecamatan.

 

“Pemberian bantuan ini berdasarkan kebutuhan warga yang dikoordinasi masing-masing Kecamatan, serta bekerjasama dengan pihak desa. Korban yang diberi bantuan diutamakan warga yang rumahnya sudah terendam banjir minimal satu hari,” kata Asep. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban