Pemkab Tuban Mulai Membumikan Bahasa Jawa

Kotatuban.com – Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, membuka Lomba Pidato Bahasa Jawa yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban bekerjasama dengan Gerakan Tuban Menulis. Sabtu (19/3/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Mas Bupati menyampaikan jika lomba pidato bahasa jawa tersebut digelar sebagai langkah untuk membumikan dan membiasakan berbahasa jawa, utamanya kromo alus atau inggil.

Selain itu, juga sebagai bentuk kongkrit Pemkab Tuban dalam pelestarian budaya. Selain itu, mulai melestarikannya dengan membiasakan memakai bahasa Jawa juga mengajarkan anak-anak bertata krama. “Dengan berbahasa jawa halus atau inggil, pasti tata kramanya juga terpengaruh, unggah ungguhnya juga akan terpengaruh,” tuturnya.

Dalam upaya Pemkab Tuban untuk membumikan kembali bahasa jawa, juga telah diatur dalam Peraturan Bupati yang berisi kewajiban berbahasa jawa di hari Rabu Minggu ke dua di seluruh instansi, lingkungan pendidikan, kesehatan, dan masyarakat umum.  Menurutnya, dengan ini, Pemkab akan memiliki pondasi yang kuat untuk membangun budaya.

“Saya akui, sudah jarang generasi se umur saya, bahkan lebih tua lagi sudah asing menggunakan bahasa jawa inggil di kehidupan sehari- hari. Untuk itu, aturan tersebut akan selalu di evaluasi agar efektif berjalan,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Joko Priyono mengatakan,  generasi sekarang sudah asing dengan bahasa Jawa, terutama kromo inggil. Dengan perkembangan peradaban yang terjadi saat ini, terjadi pergeseran cara asuh orang tua yang tidak lagi mengajari anak menggunakan bahasa Jawa kromo atau bahasa Jawa halus, baik di kota maupun di desa.

“Acara ini menjadi salah satu  cara untuk memulai kembali membiasakan berbahasa jawa di Kabupaten Tuban. Aturan berbahasa jawa juga telah diberlakukan di sekolah, yaitu setiap hari Rabu,” tandasnya.

Adapun 40 peserta dari perwakilan SMP baik negeri maupun swasta mengikuti lomba bahasa jawa tersebut. Nantinya, semua naskah pidato dari para peserta akan dibukukan, dan di display di Perpustakaan Umum Daerah. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban