Pemkab Tuban Pastikan Tidak Akan Menutup Pasar

kotatuban.com – Meski sejumlahn tempat kerumunan massa, seprti wisata dan keramaian lainnya ditutup, namun, Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban menegaskan isu tentang penutupan pasar tradisional karena Covid-19 adalah HOAX atau TIDAK BENAR. Hal tersebut disampaikan Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban, Agus Wijaya, Kamis (19/3).

Agus Wijaya menegaskan penutupan pasar tidak akan dilakukan. Untuk mencegah penyebaran Covid-19, pihaknya telah memberikan surat edaran yang harus dipatuhi oleh seluruh pengelola pasar, swalayan dan atau minimarket di kabupaten Tuban. Surat Edaran bernomor 443/1649/414.108/2020 tentang Upaya Peningkatan Kewaspadaan Kegiatan Perekonomian.

Dalam surat tersebut, pengelola pasar, swalayan dan atau minimarket menyediakan tempat cuci tangan dan alat pendeteksi suhu badan. Selain itu, masyarakat diminta untuk tidak memborong 9 bahan pokok dan menimbun barang kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya.

Bagi pelaku industri kecil dan menengah yang proses produksinya menggunakan tenaga kerja agar menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun. Tidak hanya itu, bagi pekerja yang diketahui sakit flu/batuk agar memakai masker atau beristirahat di rumah dan memeriksakan diri.

“Surat Edaran tersebut bersifat mengikat dan wajib ditaati,” jelasnya.

Tercatat, di Kabupaten Tuban terdapat 69 Pasar Tradisional dan 54 toko modern. Dijadwalkan, surat edaran tersebut secara fisik akan diedarkan hari ini.

Untuk diketahui, Pemkab Tuban bergerak cepat dalam menangani penyakit Covid-19. Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur, maka Pemkab Tuban segera membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Berdasarkan surat tersebut masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak panik. Di samping itu, harus menyikapinya dengan bijak dan bersabar, serta mentaati Surat Edaran Bupati terkait Kewaspadaan Covid-19. Masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lanjut di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Jl. Brawijaya no.3 Tuban atau menghubungi Call Center 119 ext 9 atau 082 167 119 119. Perkembangan informasi Covid-19 juga dapat diakses melalui covid19.tubankab.go.id . (rto)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban