Pemuda Diminta Waspadai Sosmed

image
Apel peringati Sumpah Pemufa di Tuban

kotatuban.com – Peringatan hari Sumpah Pemuda, Bupati Tuban Fathul Huda mengingatkan bahaya sosial media (Sosmed) kepada para generasi muda. Pasalnya, Indonesia akhir-akhir ini sedang diramaikan dengan berbagai kasus kekerasan.  Setelah ditelusuri ternyata hal tersebut bermula dari interaksi di sosial media. Sosial media, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya dan lintas agama.

Bupati Huda yang membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, menyebutkan bahwa interaksi pemuda di sosial media berjalan real time 24 jam. Tidak mudah bagi orang tua, guru, lembaga pendidikan termasuk negara untuk dapat mengontrolnya.

”Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat pisau bermata dua. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk peningkatan kapasitas pengetahuan dan skill,” ungkapnya.

Namun, pada sisi yang lain membawa dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya tanpa dapat di bendung dengan baik. Lahir generasi baru yang memiliki pola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan pragmatik.

”Saat ini sudah bukan eranya lagi pemuda diawasi, dikekang apalagi diintimidasi. Saatnya diberikan pendampingan, fasilitasi dan motivasi kepada mereka untuk berkembang dan maju sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki,” tandasnya.¬†

Dalam Peringatan Sumpah Pemuda ke-87 Tahun ini, pemuda diharapkan lahir generasi muda Indonesia yang tangguh, berkarakter, mandiri dan rela berjuang untuk kepentingan bangsa dan negaranya. Rela berkorban menanggalkan ego sukunya, ego agamanya, ego kedaerahannya, ego kelompoknya dan ego pribadinya demi kepentingan yang lebih besar yaitu Indonesia.

”Seperti yang pernah dilakukan oleh para pemuda pendahulu. Inilah tanah air kita, inilah bumi kita, inilah masa depan kita,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban