Pendaftar Haji Tuban Menurun

image
Kesibukan pendaftaran calon haji di Kemenag Tuban

kotatuban.com-Sepanjang tig tahun terakhir, jumlah pendaftar Calon Jamaah Haji (CJH) di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupten Tuban terus menurun. Jumlah penurunan diketahui hingga ratusan calon jamaah. Penurunan pendftaran tersebut diduga akibat jadwal tunggu keberangkatan yang terlalu lama hingga 23 tahun.

“Tiga tahun terakhir yang mendaftar calon jamaah haji mengalami penurunan sampai ratusan calon haji, mungkin faktor lama menunggu itu sebabnya,”  ujar Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kemenag Tuban, Abdul Ghofar, Kamis (24/03).

Data Kemenag Tuban, menyebutkan pada tahun 2013 jumlah CJH yang mendaftar mencapai 3.555 orang sementara tahun berikutnya 2014 menurun menjadi 3.326 orang, dan tahun 2015 jumlah pendaftar kembali menurun menjadi 3.129 calon haji saja.

“ Tahun 2012 hingga pendaftar haji mencapai 4.461 calon, ini menjadi catatan paling banyak selama empat tahun terakhir,” sambung  Abdul Ghofar.

Lebih lanjut, menurut Gofar, untuk pemberangkatan haji musim ini, Kemenag Tuban akan memberangkatkan pendaftar tahun 2009, ditambah dengan calon jamaah yang daftar pada  januarai 2010. Sebelum diberangkatkan, calon jamaah akan mendapatkan pembekalan dari petugas Kemenang, agar saat menjalankan ibadah bisa sesui rukun Islam.

“Begitu juga, kita akan terus memberikan pelayan sebelum keberangkatan para calon jamaah haji,” katanya.

Untu diketahui, tahun 2015 Kemenag Tuban memberangkatkan sebanyak 633 CJH dari kuota calon jemaah di Tuban sebanyak 652 orang. Terdiri dari CJH laki-laki sebanyak 303 dan jumlah calon jamaah perempuan sebanyak 330. Pemberangkatan dibagi dalam dua kelompok terbang  yakni 35 dan 36.(kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban