Penyembelihan Hewan Kurban Harus Dilakukan Sesuai Aturan

Sapi hewan kurban
Sapi hewan kurban

kotatuban.com-Penyembelihan hewan kurban harus dilakukan dengan benar sesuai sariat Islam. Sebab, dengan penyembelihan yang benar akan menghasilkan daging kurban yang sehat untuk dikonsumsi.

Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Tuban, memint penyembelihan hewan kurban pada perayaan hari raya Idul Adha mendatang dilakkan secara baik aman sesuai standart kesehatan dan sesuai sariat islam.

“Penyembelihan  hewan kurban yang baik dilakukan agar daging hewan kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat sehat, berkualitas baik, serta aman untuk dikonsumsi,”  ujar Kepala Bidang Peternakan Dispertan Tuban, Pipin Diah Larasati, Jumat (11/09).

Adaapun penyembelihan hewan kurban yang bak adalah dengan memperhatikan keabsahan secara islam, kemudian dijaga kebersihan hewan kurban sebelum dibagikan.

Menurut Pipin, penyembelihan hewan kurban selama ini masih dilakukan oleh warga sendiri atau yang umum dilakukaan oleh modin (tokoh agama), bukan oleh ahli sembelih dinas peternakan.

“Selama ini penyembelihan hewan dilakukan warga sendiri, bukan dibawa ke tempat penyembelihan. Sebenarnya ada petugas kami yang siap dipanggil untuk menyembelih, namun itu masih jarang dilakukan,” terang Pipin.

Dia mengatakan, selain meminta penyembelihan dilakukan secara baik, Bidang Peternakan juga akan mengadakan pemantauan ke sejumlah pasar hewan. Pemantauan ini dimaksudkan agar hewan yang dijual kepada masyarakat untuk kurban adalah hewan yang sehat dan bebas penyakit hewan.

“Selain pasar, kami nanti juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan  hewan di tempat-tempat pengumpulan hewan kuraban, biasanya ini kami lakukan seminggu menjelang pelaksanaan kurban Idul Adha,” imbuh Pipin. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban