Perangkat Desa Tuntut Tunjangaan Rp 1,8 Juta/Bulan

image
Perangkat desa saat ditemui anggota DPRD Tuban

kotatuban.com – Merasa kurang sejahtera puluhan perangkat desa dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban Jalan Letda Soecipto, Senin (28/12).

Perangkat desa tersebut meminta agar anggota dewan Tuban memberikan dukungan untuk mendapatkan tunjangan lebih layak. Sebab, waktu kerja perangkat desa untuk melayani masyarakat dinilai hampir 24 jam. Sehingga, wajar jika mendapatkan tunjangan yang lebih baik.

”Ada beberapa permintaan yang kita inginkan. Sehingga, kita minta dukungan anggota dewan agar permintaan kita bisa terealisasi,” jelas kordinator perangkat desa, Ahmad Kholil, di kantor DPRD Tuban.

Informasi yang berhasil dihimpun  kotatuban.com, saat ini tunjangan perangkat desa sebesar 900 ribu rupiah perbulannya. Dan perangkat desa tersebut meminta tunjangannya untuk dinaikkan dua kali lipat, yaitu menjadi sekitar 1,8 juta rupiah perbulannya.

”Kita minta tunjangan perangkat desa itu naik dua kali lipat dari tunjangan sekarang,” ungkapnya.

Kemudian, mereka juga berharap mendapatkan tunjangan kelas satu di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Selain itu, juga tunjangan keselamatan kerja yang sampai sekarang belum terealisasi.

”Kami perangkat desa yang tergabung di Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) juga sudah melakukan koordinasi dengan Bupati Tuban. Supaya hal ini bisa menjadi kebijakan pemerintah ke depan. Dan kita berharap mendapatkan dukungan dari DPRD Tuban, supaya hal ini bisa diatur di Peraturan Bupati (Perbup),” jelas Kholil.

Rombongan perangkat desa ditemui Panitia Khusus (Pansus) 1 Tentang Desa di DPRD Tuban. Salah satu anggota Pansus, Abu Hanifah, menjelaskan saat ini pihaknya tengah membicarakan Peraturan Daerah (Perda) terkait perangkat desa tersebut.

”Sifat Perda dan UU ini adalah global, dan rincian pelaksanaan ada di Perbup. Dan hal ini akan menjadi masukan bagi DPRD Tuban dan akan diusulkan ke eksekutif,” kata Abu Hanifah. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban