Pergantian Tahun, Harga Ikan Laut Melonjak

Suasana pasar ikan di Ngaglik, Palang jelang pergatian tahun
Suasana pasar ikan di Ngaglik, Palang jelang pergatian tahun

kotatuban.com – Pergantian malam tahun baru bayak masyarakat yang memanfaatkannya untuk acara kumpul-kumpul. Untuk masyarakat Tuban banyak pula yang memanfaatkan acara pergantian tahun baru dengan membakar ikan laut secara bersama-sama.

Sehingga, hal tersebut membuat harga ikan laut disejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) mengalami kenaikan cukup drastis menjelang perayaan malam tahun baru nanti, Kamis (31/12).

”Harga ikan juga melonjak drastis mas,” kata salah satu pembeli, Nana (45), kepada kotatuban.com di TPI Desa Palang, Kecamatan Palang.

Jenis ikan yang laris diburu pembeli adalah yang biasa dikonsumsi dengan dibakar. Diantaranya ikan togek, krapu, ikan kuning, dan juga ikan tongkol.

Sedangkan, untuk ikan togek harga perkilogram saat ini mencapai Rp. 23.000 dari harga biasa yang hanya berkisar Rp. 11.000, kemudian harga ikan tongkol kecil mencapai Rp. 17.000 dari harga biasa yang hanya Rp. 11.000, untuk jenis ikan krapu mencapai Rp. 30.000 dari harga biasa sekitar Rp. 21.000 dan juga untuk ikan kuning/krapok bermata besar seharga Rp. 17.000 dari harga biasa Rp. 9.000 perkilogram.

”Harga ikan ini naik karena permintaan juga naik drastis menjelang pergantian tahun baru nanti,” jelas Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di TPI Palang, Sripan Muh Anton.

Menurutnya, di TPI Palang sendiri, rata-rata mendapatkan pasokan ikan dari nelayan sekitar 15 ton perhari. Khusus tahun baru ini, bahkan pasokan ini bisa habis dan mengandalkan timbunan ikan dari hari-hari sebelumnya. ”Perhari rata-rata kita menghabiskan 15 ton ikan,” pungkasnya. (duc)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban