Persiapkan PPDB Minta Rekom KONI

image

kotatuban.com-Selama dua pekan terakhir, kantor Komita Olahraga Nasional Infonesia  (KONI) ramai didatangi pelajar kelas XII berbagi Sekolah Lanjutan Tinkat Atas (SLTA) maupun siswa kelas IX Sekolah LanjutanTingkat Pertama (SLTP). Mereka datang di kantor KONI di Jalan Pramukan Tuban tersebut untuk meminta legalisir piagam olahrag maupun surat rekomendasi untuk mendaftar di perguruan tinggi maupu sekolah lanjutan lainnya.

Sekertaris Umum KONI Tuban,  Zaenal Maftuhien mengatakan, dalam sehari rata-rata siswa yang datang untuk meminta legalisir piagam sebanyak 15 siswa, mereka adalah siswa dengan prestasi dibidang olahraga yang ada di Kabupaten Tuban.

“Dua minggu terakhir ini memang banyak, mereka minta legalisir untuk keperluan mendaftar ke perguruan tinggi utuk anak yang sekarang sudah kelas tiga SMA, dan untuk anak yang SLTP sudah pasti akan melanjutkan ke SLTA,” kata Zaenal, Senin (9/3).

Menurut Zaenal, Prestasi olahraga saat ini juga menjadi bagian dari penambahan poin setiap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Jadi tidak heran siswa yang berprestasi di bidang olahraga memanfaatkan piagam yang pernah mereka peroleh untuk dilampirkan sebagai penunjang poin mereka.

“Saat ini prestasi olahraga sudah sama dengan prestasi akademis, keduanya memiliki penilaian 10 persen dari 100 persen poin penilaian PPDB,” katanya.

Bahklan lanjut Zaenal, Universitas Brawijaya, memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa baru dengan prestasi olahraga bebas tes. Dengan melampirkan piagam prestasi olahraga, sebagaimana MoU yang sudah ditandatangi perguruan tinggi tersebut dengan KONI Jawa Timur.

“Di Uversitas Brawijaya, siswa denga prestasi olahraga, Juara 1,2 dan 3 atau peraih medali,  bebas tes disemua fakultas kecuali fakultas kedokteran,” sambung Zaenal.

Adapun pelayanan legalisir dapat dilakukan oleh siswa dengan prestasi olahraga pada jam dinas mulai pukul 8.00 higga pukul 14.00.
”Kami aka melayani siswa yang akan meminta legalisir, karena ini juga cukuip membantu,” imbuh Sekertaris KONI yag juga Kepala Sekolah SMP 6 Tuban itu. (kim).

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban