Pertengahan Ramadan, Harga Bumbu Dapur Stabil

Konsumen saat membeli cabai di pasar Pramuka Tuban
Konsumen saat membeli cabai di pasar Pramuka Tuban

kotatuban.com – Pertengahan bulan suci Ramadan, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar tradisional di Kabupaten Tuban terpantau stabil. Bahkan harga bumbu dapur yang biasanya diatas harga rata-rata seperti cabai, bawang putih dan bawang merah juga belu menunjukkan gejolak berarti dipasaran.

Sejumlah pedagang yang ditemui kotatuban.com di pasar tradisional Pramuka, Jalan Pramuka, Sidorejo, Tuban, menyebutkan harga bawang putih saat ini berkisar antara Rp28.000 hingga Rp29.000 per kilogram, bawang merah juga tidak jauh berbeda, yakni, 26.000 per kilogramnya.

“Ini bawang merah maupun putih standart, malah harganya hampir sama, awal puasa itu saja sampai 30 ribuan,” ujar Nurjanah, pedagang sayuran dan bumbu dapur di Pasar Pramuka Tuban, Selasa (22/06).

Selain bawang, harga beragam jenis cabai turun belakangan ini, komuditas bumbu dapur utama untuk sambal yang awal puasa lalu dikisaran harga Rp25.000 per kilogram saat ini hanya belasan ribu saja per kilonya. Secara rinci harga cabai rawit Rp9.000 per kilogram hingga Rp10.000 per kilogram, cabai kriting Rp13.000 per kilogram dan cabai hijau Rp14.000 per kilogramnya.

“Cabai juga begitu, malah ada penurunan, sebelumnya sampai Rp20 ribu rata-rata, sekarang Rp15 ribu,” lanjut Nurjanah.

Sementara itu, Dewi Umami, konsumen warga Ronggomulyo membenarkan, kondisi harga kebutuhan pokok belakangan ini memang lebih baik dari awal puasa lalu, baik bumbu daur mauu beras dan lainya juga cukup stabil dan tidak terlalu bergejolak.

“Kalau seperti ini puasa juga enak mas, ini memang berbeda dari puasa tahun sebelumnya, harga tidak terlalu tinggi, malahan ini cenderung stabil dan turun, sekarang beli cabai lima ribusudah dapat seperempat kilogram lebih,” terang ibu rumah tangga itu. (kim)

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban