Perusahaan Wajib Bayar THR Paling Lambat H-7 Lebaran

image
Kepala Dinas Sosanaker Tuban, Nurjanah

kotatuban.com-Kurang lebih 740 perusahaan di Kabupaten Tuban yang berskala kecil, menengah hingga besar diminta memenuhi tanggungjawabnya membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada karyawanya.   

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Tuban, Nurjanah mengatakan, perusahaan wajib memberikan THR kepada karyawanya paling lambat seminggu sebelum hari raya.

“Sudah kami sampaikan ke perusahaan, limabelas hari sebelum lebaran harus sudah diberikan, dan maksimal tujuh hari sebelum Idul Fitri,” kata Nurjanah saat ditemui usai mengikuti siding di gedung DPRD Tuban, Sabtu (18/06).

Dijelaskan Nurjanah, ketentuan pembayaran hak THR bagi karyawan itu berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi nomor 6 tahun 2016, yang bunyinya THR wajib dibayarkan jika buruh telah bekerja minimal satu bulan. Aturan tersebut berbeda dari aturan sebelumnya yang baru memberikan THR bagi buruh yang sudah bekerja minimal tiga bulan.

“Aturan baru itu kerja satu bulan sekarang wajib diberikan THR,” imbuh Nurjanah.

Adapun pengusaha dapat diberi sanksi teguran secara tertulis, membayar denda, hingga pembekuan sementara kegiatan usaha, jika THR tidak diberikan bagi karyawannya.
 
“Kami akan menerima aduan jika adap perusahaan tidak memberikan THR kepada karyawannya, dan aka nada sangsi nantinya,” tegas Nurjanah. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban