Petugas Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

Petugas saat memeriksa kesehatan hewan Kurban
Petugas saat memeriksa kesehatan hewan Kurban

kotatuban.com-Petugas kesehatan hewan, Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Tuban, sidak kesehatan hewan disejumlah lokasi penampungan hewan kurban dan pasar hewan menjelang hari raya Kurban.

“Kita lakukan pemeriksaan hewan Kurban, tidak hanya di penampungan milik Pemkab Tuban, tetapi juga ditempat-tempat milik para pedagang dan pasar hewan,” terang Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan, Bidang Peternakan,  Dinas Pertanian dan Peternakan Tuban, Cipta Dwipriyata, Selasa (22/9).

Dia menjelaskan, pemeriksaan hewan Kurban dilakukan untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan Kurban sebelum disembelih untuk dibagikan dan dikonsumsi warga. Dalam pemeriksaan, tidak ditemukan penyakit serius pada ternak yang berbahaya apabila dikonsumsi, namun beberapa hewan diketahui mengalami peradangan pada mata.

“Tadi kita dapati ada dua kambing yang terkena penyakit mata, tetapi dalam satu dua hari penyakit itu bisa disembuhkan dengan memberikan tetes mata atau salep mata,” kata Cipta.

Pemeriksaan akan terus dilakukan petugas Dispertan sampai 3 hari pasca hari Raya Idul Adha. Saat penyembelihan pada hari raya Kurban, petugas juga akan mendatangi masjid-masjid yang melaksanakan penyembelihan hewan Kurban.

Sementara itu, terkait adanya hewan yang belum cukuP umur untuk dikurbankan, Cipta mengakui menemukan beberapa kambing belum cukup umur (belum koel), namun pihaknya hanya melaporkan seluruhnya kepada pengelola penampungan.

“Pemeriksaan kita terbatas pada kesehatan dan kelayakan hewan tersebut untuk disembelih, tetapi untuk masalah syariat kami serahkan kepada masing-masing pengelola penampungan, tokoh agama atau takmir masjid dan mushola yang menyembelih hewan Kurban ini,” tandas Cipta. (kim)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban