54 Ribu Hektar Lahan di Tuban Kritis

kotatuban.com – Kabupaten Tuban masih memiliki lahan kritis yang masih sangat luas. Diperkirakan lahan kritis yang ada di wilayah Tuban tidak kurang dari 54 ribu hektar lahan kritis yang tersebar dibeberapa wilayah yang ada di Tuban.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kehutanan dan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Agus Suryanto pada rapat koordinasi penanganan lahan kritis bersama beberapa perusahaan yang ada di Tuban, antara lain PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, PT JOB PPEJ, PT Pentawira, PT Perhutani, dan berbagai perusahaan lainnya yang ada di Tuban. Rapat koordinasi tersebut diselanggarakan di Pemkab Tuban, Rabu (15/1).

Menurutnya, wilayah keseluruhan se Kabupaten Tuban seluas 183 juta hektar, yang meliputi pertanian, pemukiman, dan juga beberapa fungsi lain. Sedangkan, lahan kritis pada tahun seluas 54 ribu hektar. Padahal, pada tahun 2009 dari pendataan Dinas Pertanian Kabupaten Tuban hanya seluas 39 ribu hektar. ”Sehingga, kurun waktu dari tahun 2009 – 2014 ini lahan kritis bertambah 15 ribu hektar,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Heri Sisworo dalam sambutannya mengungkapkan, melihat fenomena setiap tahun selalu bertambah terus lahan kritis yang ada di Tuban, maka Pemkab Tuban mengajak perusahaan yang beroperasi di Tuban untuk melakukan penyelamatan lahan kritis tersebut.

”Tentunya kami akan merasa sulit jika penyelamatan lahan kritis tersebut tidak dibantu oleh perusahaan dan masyarakat. Karena penyelamatan lingkungan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Namun, semua pihak harus ikut andil dalam penanganan lahan kritis tersebut,” pungkasnya. (duc)

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.