IE2I Gandeng Pertamina Kampanye Bersihkan Pantai

kotatuban.com – Sedikitnya 150 siswa tingkat SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Jenu mengikuti sosialisasi Beach Clean – Up Day atau pantai bersih setiap hari. Sosialisasi yang digelar Energy and Environmental Institute (IE2I) dengan Pertamina tersebut dilaksanakan di Mangrove Center Tuban, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Sabtu (04/11).

Pendiri IE2I, Satya Hangga Yudha Widya Putra mengatakan, tujuan dari Beach Clean Up Day di Mangrove Center Tuban ini untuk mendidik dan mensosialisasikan anak-anak SMA dan SMP Tuban terhadap kesadaran kebersihan lingkungan.

”Salah satunya yaitu dengan membuang sampah di tempat yang benar sesuai dengan jenis sampahnya,” ungkap Hangga.

Menurutnya, selain mensosialisasikan kepada para siswa untuk menjaga lingkungan, IE2I juga menyediakan untuk sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Jenu masing-masing 3 tempat sampah. Tempat sampah yang diberikan dengan jenis yang berbeda, untuk sampah organik, sampah plastik, dan kertas.

”Kita berharap program ini tidak hanya sampai disini saja. Namun, bisa berkelanjutan dan untuk masa depan,” ujarnya.

Menurutnya, hasil dari program acara ini akan gunakan untuk memberikan rekomendasi kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah terkait pengelolaan sampah. Sehingga, kedepan diharapkan pengelolaan sampah akan jauh lebih baik.

”IE2I juga mempunyai harapan untuk bisa mensosialisasikan program ini ke berbagai daerah di seluruh Indonesia khususnya di sekitar pantai,” tandasnya.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Satya Widya Yuda yang hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan menghilangkan sampah dari tepi pantai ini harus digalakan. Karena saat ini ada 21 pantai di Indonesia yang kondisinya kritis banyak sampahnya.

”Untuk itu Komisi VII mendorong pemerintah untuk menggalakan untuk mendaur ulang sampah. Karena dengan mengurangi sampai juga akan mengurangi emisi karbon,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban