Ini Kronologis Laka Laut di Perairan Tuban

kotatuban.com – Informasi terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban memyebut, laka laut antata kapal MV Thaison 4 berbendera Vietnam dengan Kapal Motor (KM) Mulya Sejati, asal Juwono, Pati, Jawa Tengah diperairan Tuban. Diduga kapal Thaison 4 yang berlayar dari Thailan menuju Surabaya itu menabrak KM Mulya Sejati dari belakang. Akibatnya kapal nelayan asal Juwono, Pati Jawa Tengah itu terbalik dan 27 awak kapal nelayan itu terjebur ke laut.

“Info yang kami terima kapal Thaison 4 yang menabrak KM Mulya Sejati asal Jateng. Dan 12 praqng awak KM mulya

Sejati bisa diselamtakan awak kapal Thaison 4,” ujar Kepala Bidang, Kedaruratan dan Logistik, BPBD Tuban, Saefitudin, Sabtu (19/11).

Dijelaskan, kapal nelayan asal Juwono yang mengangkut sebanyak 27 ABK berada di Perairan Tuban, sekitar pukul 04.00 WIB. Kapal berbendera Vietnam yang dijadwalkan sandar dipelabuhan tanjung perak Surabaya besok, menabrak kapal motor milik nelayan itu dari belakang hingga terbalik.

“Kapal Thaison 4 itu yang menyelmatkan ABK kapal nelayan, kemudian menghuningi petugas Pelabuhan Sorbis Lamongan,” jelas Asep, panggilan Saefitudin.

Sememtara itu saat ini Tim BPBD bersama Tim SAR tengah melakukan penyisiran di kawasan pantai Tuban untuk mencari korban kapal Mutiara Sejati yang dilaporkan hilang.

“Kami tudak memiliki armada untuk melakukan pencarian disekitar titik kecelkaan, makanya kami akan melakukan pencarian antara 5 hingga 7 mil, karena ada kemungkinan korban akan terbawa arus kesini,” katanya, saat berada di tambat labuh TPPI Tuban.

Sementara itu, Kalaksa BPD Tuban, Joko Ludiyono menjelaskan, pihaknya tengah meminta bantuan dari BPBD Provinsi Jawa Timur.

“Kami tengah mengambil kapal di Provinsi untuk pencarian korban. Sebab, kami belum memiliki fasilitas untuk mencari sejauh itu. Tapi, kami sudah minta teman-tenab BPBD Tuban untuk terus melakukan penyisiran di sepanjang pantai Tuban,” terang Joko. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.