Kadiknas Ingatkan Jangan Ada Perploncoan Siswa Baru

Kadiknas Tuban, Sutrisno
Kadiknas Tuban, Sutrisno

kotatuban.com– Pengenalan LingkunganSekolah (PLS) pada siswa baru diminta tidak ada lagi praktik perploncohan siswa baru seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Selama tiga hari PLS, siswa baru harus benar-benar mendapatkan informasi terkait lingkungan sekolah, termasuk fasilitas di dalamnya.

Untuk itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Tuban, Sutrisno kembali mengingatkan untuk tidak melakukan aksi perpeloncoan terhadap siswa baru, oleh pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) sebagai kepanjangan tangan guru.

“Kami patuhi surat Menteri Pendidikan, tidak boleh lagi ada perpeloncoan kepada siswa baru, tidak boleh lagi ada siswa yang disuruh bawa tas aneh-aneh, atau perintah yang aneh-aneh,” papar Kadiknas Tuban Sutrisno, Senin (18/07).

Pengenalan lingkungan sekolah, lanjut Sutrisno,  akan dilakukan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sutrisno mengintruksikan kepada semua kepala sekolah agar menciptakan suasana nyaman di sekolah.

“Kami sudah instruksikan semua kepala sekolah, selain itu kami juga menghimbau kepada semua orang tua siswa agar mengantarkan anaknya saat hari pertama masuk sekolah,” katanya.

Sementara itu, wakil Ketua Komisi C Dewan Perwakilan Rakyaat Daerah (DPRD) Tuban, Tri Astuti meminta betul pelaksanaan pengenalan lingkungan sekolah yang dimulai hari ini diawasi oleh Dinas Pendidikan dan kepala sekolah, agar tidak terjadi aktifitas tidak mendidik dalam pelaksanaanya.

“Kami dan dinas pendidikan sudah melakukan kordinasi menindaklanjuti intruksi menteri tentang pelaksanaan pengenalan lingkugan sekolah,. Dinas pendidikan akan mengawasi pelaksanaan PLS itu,” terang Asturi.

Selain itu, kata dia, kegiatan PLS juga disarankan tanpa aktifitas fisik berlebihan. Peserta didik yang kebetulan sedang sakit atau dalam masa pemulihan disarankan membawa surat keterangan dari puskesmas maupun dokter agar tidak dilibatkan dalam kegiatan fisik terlalu berat saat proses pengenalan lingkungan sekolah.

“Ini juga penting, makanya kami juga minta ada surat keterangan dari dokter jika peserta didik sakit atau baru penyembuhan. Ini untuk menghindari agar mereka tidak terlibat dalam aktifitas fisik terlalu berat saat pengenalan lingkungan,” katanya. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.