Laka Tinggi, Babinkamtibmas Himbau Pengguna Motor Tak Standart

kotatuban.com – Kecelakaan lalulintas di Kabupaten Tuban terbilang cukup tinggi. Bahkan angka kecelakaan di Bumi Wali ini selalu masuk tiga besar di Jawa Timur.

Sedangkan, penyebab terbesar dari tingginya angka kecelakaan tersebut adalah human error atau kesalahan dari manusianya itu sendiri. Tidak kepatuhan terhadap aturan lalulintas menjadi mayoritas penyebab kecelakaan lalulintas.

Untuk itu, Babinkamtibmas Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, Bripka Wahyudi menghimbau kepada masyarakat Tegalrejo untuk tetap mematuhi aturan berlalulintas. Selain itu, menggunakan motor atau kendaraan standar.

”Kami melihat utamanya anak-anak muda banyak yang menggunakan motor tidak standar. Mulai ukuran ban yang tidak sesuai pabrikan, knalpot brong, dan berbagai modifikasi lain. Untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan motor sesuai aslinya,” ujar Wahyudi, Sabtu (24/02).

Menurutnya, imbauan tersebut yang bertujuan untuk mengantisipasi dan menekan terjadinya kecelakaan lalulintas yang telah banyak memakan korban jiwa. Sedangkan, pengamanan dan keamanan berkendaraan motor dimana salah satu cara efektif yang harus dilakukan adalah dengan tidak berlebihan dalam melakukan modifikasi kendaraan.

”Untuk mengantisipasi kecelakaan memodifikasi motornya yang standar saja, ban yang digunakan jangan kekecilan nanti bisa selip sehingga jatuh, lampu rem atau belakang jangan yang tajam, knalpotnya jangan terlalu keras karena bisa mengganggu pengendara lain dan lampu retingnya jangan terlalu kecil agar bisa terlihat pengendara lain,” himbaunya.

Diketahui, angka kecelakaan di Kabupaten Tuban pada tahun 2017 sebanyak 1.217 kejadian. Sedangkan, korban meninggal dunia sebanyak 199 jiwa. Untuk korban luka berat 56 orang serta korban luka ringan dan luka sedang sebanyak 1.823 orang dengan total kerugian material sebesar Rp 4,2 miliar lebih.

Untuk tahun 2016 lalu jumlah korban jiwa di jalan raya akibat mencapai 247 jiwa, korban luka berat 25 orang dan korban luka ringan 2.177 orang. Sedangkan pada tahun 2015 korban meninggal sebanyak 210 orang dan di tahun 2014 korban tewas dalam kecelakaan di Tuban itu sebanyak 206 jiwa. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban