Liburan, Makam Sunan Bonang Padat Pejalar

kotatuban.com – Memasuki musim libur panjang semester, pelajar dari berbagai daerah melakukan ziarah ke makam Raden Maulana Malik Ibrahim, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sunan Bonang.

Pantauan di kompleks makam yang berada di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Tuban ini, rombongan pelajar silih berganti keluar dan masuk lokasi makam. Mereka berdoa dan bertahlil mendoakan Wali Allah yang berjasa dalam penyebaran islam di Jawa ini.

Sebut saja Layla (17), Pelajar asal Sidorejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gersik ini, dia mengaku, pihak sekolah sengaja membuat wisata berziarah ini untuk mengisi liburan, tujuanya adalah mengenal para wali sekaligus berdoa untuk mereka.

“Mengisi liburan, kita sengaja memlih berziarah ke makam wali,” terang Layla, Senin (26/12).

Disampaikan pelajar kelas 11, MA Tarbiyatul Shibiyan ini, berziarah ke makam sudah menjadi tradisi sekolahnya. Dengan berziarah ke makam wali, pengetahuan mereka tentang islam dan penyebaranya serta tokoh-tokohnya jadi lebih baik.

“Para wali ini sangat berjasa dalam penyebaran islam, kita juga lebih mengerti bagaimana manusia itu seharusnya,” terangnya.

Sementara itu, pengurus Yayasan Mabarrot Sunan Bonang Tuban, Tamyiz menjelaskan, setial liburan selalu padat pengunjung, terutama pelajar yag memang datang rombongan. Selama liburan setiap hari sekitar 2.000 pengunjung keluar dan masuk untuk berziarah ke makam ini.

“Paling sedkit 2000 pengunjung kalau musim liburan seperti ini,” katanya.

Untuk pengunjung sendiri datang dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan ada juga yang dari luar negeri, namun yang paling banyak biasanya daerah Jawa Timur dan Jawa Barat.

“Paling banyak peziarah usia pelajar, maklum sekarang musim libur sekolah,”  pungkasnya. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.