Penjual Hewan Kurban Musiman Mulai Mengais Rezeki

Pedagang musiman kambing kurban
Pedagang musiman kambing kurban

kotatuban.com-Menjelang pelaksanaan hari raya kurban Idul Adha atau Lebaran Haji menjadi berkah bagi pedagang kambing dan sapi musiman. Bagaimana tidak, permintaan hewan berkaki empat tersebut terus meningkat memasuki pekan terahir perayaan Idul Adha. Bahkan kurang dari sepekan penjualan kambing mencapai 100 ekor lebih.

Mereka memanfaatkan moment Idul Adha untuk menjual hewan kurban baik sapi maupun kambing. Sehingga, pedagang hewan kurban musiman ini, lebaran kurban menajdi berkah tersendiri.

Menurut salah seorang pedagang kambing kurban musiman, Kholid Abdulrahman, permintan kambing sudah meningkat sejak sepekan terahir. Bahkan di tempat daganganya yang digelar di pinggir Jalan Kelurahan Perbon, sudah laku diatas seratus ekor kambing.

“Alhamdulillah meski ada kenaikan antara Rp200.000 hingga Rp300.000 per ekor, penjualan kami cukup bagus, banyak yang sudah beli dan memesan kambing kami,” kata Abdulrahman.

Dijelaskan, meski harga kambing ada kenaikan antara Rp200.000 hingga Rp300.000 dibanding tahun sebelumnya, penjualan musim kurban tahun ini diprediksi akan lebih baik. Prediksi tersebut cukup beralasan, sebab selama sepekan ini, penjualan kambing yang dijajakan sudah mencapai angka 100 ekor lebih.

“Tahun sebelumnya H min 3 seperti sekarang ini, baru 80 sampai 90, kalau sekarang sudah di atas seratus, saya kira lebih baguslah tahun ini,” terang Abdulrahman.

Untuk harga kambing siap kurban dengan usia di atas satu tahun, Abdul Rahmman mematok harga bervariasi, tergantung ukuran kambing itu sendiri. Untuk harga kambing paling kecil dihargai mulai Rp1.700.000 hingga Rp1.900.000 setiap ekor. Ukuran sedang antara Rp1.900.000 hingga Rp2.400.000. Sedangkan untuk kambing berukuran besar dihargai antara Rp2.800.000  hingga Rp3.400.000 per ekor.

“Harganya bervareasi mas, tergantung kebutuhan, tapi Insya Allah semua sudah diatas satu tahun dan dapat di kurbankan,” sambung Abdulrahman.

Sementara itu untuk harga sapi, menurut Abdulrahman, tidak begitu jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yakni Rp13 juta hingga Rp16 juta. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.