Selain Sediakan Makanan, Cafe & Resto Ini Juga Ada Perpustakaannya

Pembukaan Cafe Baca di Montong
Pembukaan Cafe Baca di Montong

kotatuban.com – Cafe & Resto Baca i & i yang berada di Kecamatan Montong ini tidak hanya menawarkan makanan dan minuman saja kepada konsumennya. Namun, tempat makan ini juga memberikan nilai plus kepada konsumennya, yakni juga menyediakan perpustakaan umum gratis kepada para konsumen.

”Kalau dalam konsep ekonomi, ini adalah konyol dan tidak masuk akal. Akan tetapi kami yakin dengan adanya perpustakaan ini, tidak hanya profit atau materi yang kami dapatkan, diluar itu kami yakin rejeki lain lebih banyak,” terang, Iing Lutfiana, pemilik Resto & Cafe’ Baca “i & i“, Senin (08/08).

Resto & Cafe’ Baca yang saat ini memilik lebih dari 700 koleksi buku tersebut. Juga menyediakan tempat untuk beribadah untuk para pengunjung. Memang tempat ini di dedikasikan untuk masyarakat sekitar wilayah usahanya. Yang mana wilayah kecamatan Montong memang jauh dari ibukota Kabupaten atau sekitar 30 Kilometer (Km).

”Ada memang perpustakaan di sekolah-sekolah, tapi sebagian besar buku-bukunya berkaitan dengan mata pelajaran. Oleh karena itu kami ingin mengajak semua elemen masyarakat, baik pelajar maupun masyarakat umum untuk gemar membaca, karena buku adalah jendela ilmu, dan kami menyediakan buku-buku itu,” kata ibu dari dua anak ini.

Selain harga sangat terjangkau untuk masyarakat ekonomi kelas menengah kebawah dan pelajar, Resto & Cafe’ Baca “i & i“ juga memiliki agenda rutin bulanan dan makan gratis untuk para guru, utamanya pada para guru di lembaga taman pendidikan al quran (TPQ).

”Kegiatannya terserah para ustad-ustadah. Dan kami yang menfasilitasi semua kebutuhan beliau-beliau, utamanya untuk makan dan hidanganya secara gratis. Ini sebagi bentuk penghormatan kami pada para pendidik,” ujar perempuan alumni Pon.Pes Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang ini.

Sementara itu, Camat Montong Agus Wijaya mengaku sangat terbantu oleh usaha Resto & Cafe’ Baca “i & i“ yang tidak hanya sekadar berbisnis. Selama ini pihaknya sudah berulang kali mengupayakan berdirinya perpustakaan umum daerah bisa berdiri di wilayah kerjanya. Namun, belum kecapaian.

”Karena keterbatasan anggaran daerah, usulan kami ini belum terwujud, akan tetepi alhamdulillah dengan adanya Cafe’ & Resto plus perpustaakn ini kami bisa terbantu, apalagi harganya sangat terjangkau untuk pelajar dan masyarakat sini,” pungkasnya. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.