SI Berikan Bimbingan Manasik Haji JH di Tuban

kotatuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk secara rutin menggelar kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji bagi 650 calon jamaah haji Kabupaten Tuban. Kegiatan yang diselenggarakan mulai tahun 2005 tersebut kembali dilaksanakan di Perumdin SG, Minggu (29/04).

Dalam sambutannya Kepala Departemen Produksi Semen, Martanus Sanjaya, menyampaikan bahwa kegiatan pemantapan bimbingan manasik haji ini telah rutin setiap tahun diselenggarakan oleh perusahaan dan saat ini sudah ke-13 kalinya.

”Hal ini merupakan bagian dari Corporate Social Respons (CSR) perusahaan di bidang Semen Indonesia Peduli (SI Peduli),” ungkapnya saat membuka acara.

Jumlah peserta kegiatan manasik haji ini di tahun ini mencapai lebih kurang 650 orang, dari total keseluruhan jumlah seluruh calon jamaah haji dari Kabupaten Tuban sebanyak lebih dari 1.000 orang. Peserta manasik haji berasal di Kecamatan Merakurak, Jenu, Tambakboyo, Kerek, Montong, Rengel, Plumpang, Palang dan Kecamatan Kota.

”Dalam keikutsertaan kegiatan bimbingan ini peserta tidak dipungut biaya apapun, bahkan perusahaan menyediakan konsumsi maupun transportasi antar jemput bagi peserta manasik,” tambahnya.

Lebih lanjut Martanus Sanjaya berharap kepada masing-masing peserta untuk dapat menyelipkan do’a saat di tanah suci agar perusahaan tetap jaya. Sehingga tetap dapat memberikan program-program unggulan bagi masyarakat sekitar serta meningkatkan kualitas pelayanannya kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tuban, Sahid menyampaikan apresiasi kepada Semen Indonesia atas penyelenggaraan kegiatan manasik haji yang telah rutin diberikan bagi calon jamaah haji di Kabupaten Tuban.

”Tidak ada kabupaten di Jawa Timur ini yang dapat memberikan fasilitas praktek manasik haji sebaik di Kompleks Perumahan SG di Kabupaten Tuban,” ungkapnya sambil mencontohkan di tempat lainnya banyak yang kegiatannya hanya berkisar di dalam satu ruangan saja.

Pelaksanaan kegiatan pemantapan manasik haji ini terbagi menjadi 5 sesi. Di tahun ini, jadwal kegiatannya diawali pada 4 April 2018, yakni acara pembukaan dan dilanjutkan dengan ceramah Hikmah Haji. Berikutnya adalah materi tentang Thoharoh & Sholat Jama’ Qoshor’ dilaksanakan tanggal 11 April, kemudian pembahasan mengenai ‘Haji Tamattu’ tanggal 18 April. Sedangkan pada sesi terakhir yaitu mengenai “Serba Serbi Permasalahan Haji termasuk update situasi dan kondisi terkini di tanah suci tanggal 25 April. (duc)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban