Unirow Deklarasi Masyarakat Tuban Anti Hoax

kotatuban.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menggelar deklarasi “Masyarakat Tuban Anti Hoax”. Kegitan tersebut dilaksanakan digedung rektorat kampus setempat, Jumat (20/01).
Dekan Fisip Unirow Tuban, Satya Irawatiningrum mengatakan, acara tersebut untuk mengajak seluruh lapisan elemen masyarakat Tuban supaya lebih bijak di dalam menyikapi dan mengunakan media sosial. Mengingat Indonesia saat ini sedang darurat informasi. Termasuk Tuban.
”Ditambah dengan era keterbukaan informasi. berbagai macam informasi bisa dengan mudah diakses dan disebar oleh siapapun,’’ kata jebolan magister Ilmu Komunikasi UNS Solo itu.
Dia menambahkan, era sekarang ini media sosial telah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Sehingga, masyarakat harus hati-hati dan bijak dalam menggunakannya. ”Kita semua harus bijak menggunakan media sosial,” ungkapnya.
Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad dalam sambutannya mengatakan bahwa media adalah pilar keempat dari negara demokrasi. Jadi masyarakat harus pandai dalam menggunakan media sosial. Selain itu kejelasan siapa yang menyebarkan informasi harus diketahui.
”Jadilah penyumbang berita atau informasi yang cerdas, kalau ada manfaat disebar, kalau ngak, gak usah disebar,” ujar perwira polisi kelahiran Makasar tersebut.
Terkait dengan tindakan untuk mecegah kejahatan medsos. Menurut Fadly peran orang tua adalah yang utama didalam mengawal penggunaan handphone. Orang tua harus lebih bijak dalam memberikan fasilitas posel kepada anaknya. Kira-kira lebih banyak mudhorotnya atau manfaatnya.
”Orang tua harus faham jika akan memberikan fasilitas handphon kepada anaknya. Jika kita belikan handphon kira-kira digunakan untuk apa saja, dan yang fasilitasnya didalamnya ada apa saja,” tandasnya.
Usai digelar diskusi Masyarakat Tuban Anti Hoax dideklarasikan di halaman depan kampus di bumi manunggal itu. Semua pejabat dan peserta yang hadir termasuk blogger, RTIK hingga para pelajar dan mahasiswa di Tuban turut serta. Mereka membubuhkan tanda tangan di tempat yang telah disedikan. Selain itu, panitia juga turut membagikan stiker. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.