PKBM Unggulan Rengel Gelar UN

image
Peserta ujian Paket C di PKBM Unggulan Rengel

kotatuban.com – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Unggulan, Kecamatan Rengel menggelar ujian nasional (UN) katagori Paket C atau setara SLTA. Tahun ini diikuti 35 peserta.

Rata-rata peserta ujian Paket C di PKBM Unggulan Rengel berumur antara 30 hingga 50 tahun. Mereka ingin mendapatkan ijazah setara dengan ijazah SLTA guna menunjang karier, sebab, saat mereka bekerja yang digunakan ijazah SLTP

” tapi, ada juga yang usianya 17 hingga 20 tahun, namun sangat sedikit. Mereka ini tampaknya mengikuti ujian Paket C untuk melanjutkan kuliah,” terang Hartono Ronggolawe, salah satu pengurus PKBM Unggulan, Selasa (04/04).

Ditambahkan, PKBM Unggulan sudah beberapa kali menyelenggarakan ujian nasional untuk Paket C. Prinsipnya PKBM Unggulan ingin ikut mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membantu mereka yang tidak punya ijazah SLTA dengan berbagai alasan.

” Yang terpenting mereka mendapatkan ijazah secara legal dan sah untuk menunjang karier agar bisa mendapat penghidupan yang lebih baik,” imbuh lelaki yang biasa bercelana cingkrang itu.

Menurut salah satu peserta ujian Paket C, Suyono (48), dia mengikuti ujian Paket C karena waktu itu sekolah SLTA tidak berlanjut dengan suatu alasan.

“Saya ingin memiliki ijiazah Paket C untuk mendaftar sebagai Satpam di perusahaan,” ungkap Suyono usai mengikuti ujian Paket C.

Ujian Paket C ini diikuti sekitar 278 peserta yang diselenggarakan 37 lembaga. Materi ujiannya juga sama dengan ujian SLTA, yakni, Bahasa Indonesia, Geografi, PKPN, Bahasa Inggris, Matematika, Sosiologi dan ekonomi. (yit)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban