PNS Minim ke Perpustakaan

image
Mahasiswa manfaatkan diperpustakaan untuk mencari referensi

kotatuban.com-Minat baca warga Tuban terpantau meningkat satu tahun belakangan, hal tersebut dapat terlihat dari jumlah kunjungan warga ke perpustakaan umum milik pemerintah di jalan Sunan Kalijaga Tuban. Pada tahun 2015 tercatat 38.202 orang berkunjung.

“Jumlah kunjungan rata-rata 500 per hari, dan paling banyak hari libur, Sabtu dan Minggu, tahun sebelumnya tidak sampai segitu,”  kata Staf Layanan Perpustakaan Tuban, Sumartiah, Selasa (17/05).

Sumartiah menjelaskan, dari jumlah rata-rata kunjungan per hari, sekitar 55 persen adalah pelajar dan dan mahasiswa, sisanya adalah orang umum dan swasta. 

Berdasarkan data pengunjung, kalangan yang paling jarang mengunjungi perpustakaan adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga TNI-Polri.

Secara rinci, data kunjungan tahun 2015 meliputi kalangan pelajar mencapai 20.308 orang, mahasiswa 8.839 orang, wiraswasta mencapai 3.928 orang, pekerjaan lain mencapai 2.825 orang, Pegawai Negeri Sipil 690 orang, dan TNI-Polri 256 orang dalam satu tahun.

“Paling banyak ya memang pelajar dan mahasiswa, apalagi pada bulan-bulan tertentu seperti ujian atau akhir tahun pendidikan, banyak mahasiswa yang datang pinjam  b uku atau mencari bahan referensi ke perpustakaan,” jelas Sumartiah.

Lebih lanjut, Sumartiah mengatakan, banyak faktor yang membuat pengunjung Perpustakaan Tuban lebih banyak dibandingkan dahulu. Selain tempat yang representatif, juga adanya beberapa program dan kegiatan yang sengaja dibuat pihak pelayanan perpustakaan.

“Kita berharap Perpustakaan di Tuban semakin berkembang, sehingga bisa menarik minat baca masyarakat,” katanya. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban