Polisi Tertibkan Penjualan BBM Tradisional di Jalur Pantura

image
Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Dharmawan saat mwnunjukkan soolar oplosan

kotatuban.com-Jajaran Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Tuban bersama tim Pertamina EP Asset 4 razia penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal di jalur Pantura Tuban.

Dalam kegiatan tersebut petugas berhasil menertibakaan sebanyak enam kios yang digunakan menjual BBM hasil penyulingan minyak tradisional, di jalan pantura Tuban-Semarang Kecamatan Tambakboyo dan Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

“Kemarin Polres Tuban bersama Pertamina EP melakukan operasi gabungan sasaranya kios-kois yang menjual minyak olahan jenis solar. Dalam operasi tersebut kita berhasil menemukan enam kios, yang menjual BBM oplosani, ” ujar Kapolres Tuban AKBP Guruh Arif Darmawan, Senin (02/05).

Adapun enam lokasi kios penjualan BBM Illegal tersebut masing-masing milik Tardi (36), warga Kecamatan Bancar, Kusmen (32), warga Kecamatan Bancar, Kasmudi (33), asal Kecamatan Tambakboyo. Sampuro (36), warga Kecamatan Bancar, Nanang (35), warga Kecamatan Jatirogo dan Sutanto (22), warga Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban.

“Dari enam lokasi tersebut kami amankan 3,5 ton BBM. Saat ini barang bukti sudah kita titipkan ke Pertamina,” lanjut Guruh.

Sementara, pemilik kios ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti melakukan tindak pidana penyimpanan dan niaga minyak bumi dan gas bumi tanpa ijin. Para pelaku dijerat pasal 53 huruf C dan D Undang-undang RI nomor 22 tahun 2001 tentang Migas.

“Para pelaku mendapatkan minyak tersebut dari Wonocolo dan sekitarnya yang telah diolah secara tradisional,” ungkapnya.

Sementara itu, Field Manager Pertamina EP Asset 4 Cepu, Agus Amperianto, member apresiasi kerjasama kepolisian, kaitanya dengan penertiban BBM illegal yang marak dijual di pinggir jalan. Pihaknya berharap kegiatan semacam ini dapat terus ditingkatkan untuk memberantas aktifitas niaga BBM secara illegal.

“Kami berterima kasih kepada pihak Polres Tuban atas kerjasama yang baik untuk pengungkapan olahan minyak ilegal di wilayah Tuban. Kita akan terus mempertahankan kerjasama yang sudah baik dengan Polres Tuban,” katanya. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban