KPU Tuban Targetkan 70 Persen Partisipasi Pemilih

kotatuban.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tuban mentargetkan partispasipemilih sebesar 70 persen dari Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap dua sebanyak 939.765 pemilih pada Pemilu 2019 mendatang.

Untuk memenuhi target partisipasi pemilih ituKPU terus melakukan sosialisasi dari berbagai kalangan. Bahkan KPU Tuban juga akan menggarap  kaum milenial. Sebab, mereka termasuk kategori generasi yang masih labil untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Yayuk Dwi Agus, salah satu Komisioner KPU Tuban, dalam acara sarasehan bersama awak media menuju Pemilu 2019 yang berintegritas,  Jumat, (15/2).

“Pemilih milenial Tuban ada sekitar 30 persen, meraka sangat labil untuk memberikan hak pilihnya. Sehingga kita terus melakukan sosialisasi kepada meraka agar tidak golput di Pemilu ini,” ungkap Yayuk Dwi .

Untuk menekan angka golput buat generasi milenial, pihak KPU sejauh ini terus melakukan berbagai sosialisasi dengan melibatkan relawan demokrasi. Termasuk membuat afirmasi ajakan tentang menggunakan hak pilih dengan bijak yang disampaikan dibeberapa media sosial.

“Dalam sosialisasi kita melibatkan relawan demokrasi (relawan yang dibentuk KPU,red), termasuk sosialisasi lewat medsos,” ungkap Yayuk panggilan akrab Komisioner KPU Tuban itu.

Selain itu, dihadapan para media Tuban baik cetak, online, dan televisi. Pihak KPU Tuban menyampaikan sejumlah informasi terkait pemilu. Seperti menunjukan contoh lima surat suara yang nantinya dicoblos dengan perbedaan kode warna setiap surat suara.

“Kita berharap teman-teman media ikut membantu KPU untuk mensosialisasikan tahapan pemilu. Dengah harapan, sinergi ini mampu menyukseskan pelaksanaan pemilu,” terang Ketua KPU Tuban Kasmuri.

Lebih lanjut, Kasmuri mengatakan posisi pers sangat penting dalam ikut mengawal perjalanan demokrasi. Karena pers sebagai pilar ke empat demokrasi.

“Semoga sinergi antara pers dangan penyelenggaran pemilu terus terbangun dengan baik untuk mensukseskan pemilu, dan silaturahmi serupa ini akan terus kita lakukan,” tambah Ketua KPU Tuban.( ros)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban