Polres Gelontor Air Bersih ke Warga

Warga manfaatkan air bersih bantuan dari Polres Tuban
Warga manfaatkan air bersih bantuan dari Polres Tuban

kotatuban.com – Polres Tuban distribusikan air bersih bagi warga yang kekurangan air saat musim kemarau tahun ini. Kali ini warga Dusun Malo, Desa Sidoarjo, Kecamatan Senori, Tuban yang mendapatkan kiriman air bersih dari jajaran korp baju coklat ini.

Pantauan kotatuban.com di lokasi, warga yang mendengar datangnya bantuan air bersih langsung berkerumun disekitar truk tangki berkapasitas 5000 liter yang dibawa anggota Polres Tuban. Dengan membawa perabotan rumah tangga yang dapat menampung air warga langsung mengantre untuk mendapatkan air bersih.

Salah satu warga Sidoarjo, Parji (64) mengatakan, sejak musim kemarau untuk mendapatkan air bersih cukup sulit. Karena sebagian besar sumur di desa itu sudah mengering.

“Sumur di desa juga sudah kering mas, malah sudah dua bulan lebih keringnya, sungai juga begitu,” terang Parji, Jumat (18/9) saat mengambil air dari tangki kiriman dari Polres Tuban..

Parji mengaku, untuk mengambil air warga harus menempuh jarak minimal satu kilometer di sekitar persawahan yang terdapat sumur pompa. Jika tidak begitu warga hanya memanfaatkan sumur yang ada di balai desa setempat dan mengantre hingga malam hari.

“Paling dekat di balai desa, disitu ada sumur pompa tapi harus antre, kadang sampai jam sebelas malam untuk mendapatkan dua sampai tiga jerigen,” ungkap Parji.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP, Guruh Arif Darmawan, di sela-sela kegiatan mengatakan, saat ini air bersih menjadi kebutuhan vital warga masyarakat yang tengah dilanda kekeringan. Sebab, sebagian besar sumber air telah kering termasuk sumur milik warga.

“Ini bagian dari pelayanan kepad masyarakat, dan hingga hari ini kegiatan distribusi air bersih sudah berjalan selama kurang lebih tiga bulan,” kata Kapolres.

Selain mendistribusikan air dengan tangki, seluruh Polsek di Tuban yang masyarakatnya membutuhkan air juga diintruksikan untuk memberikan bantuan ari bersih bersama dengan kegiatan patroli keliling.

“Kami juga intruksikan Polsek saat patrol membawa air, dengan memodifikasi mobil patrolinya, dengan begitu, sambil patroli keamanan juga memberikan air bersih kepada warga yang membutuhkan,” katanya. (kim)

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban