Polsek Rengel Bagikan Kentong Ronda ke Kades

image
Para Kades saat menerima kentongan untuk ronda dari Polsek Rengel

kotatuban.com – Kepolisian Sektor (Polsek) Rengel memberikan kentongan kepada kepala desa (Kades) se Kecamatan Rengel. Pemberian kentongan tersebut memiliki maksud agar masyarakat desa turut berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban desa.

”Pemberian kentongan kepada desa-desa tersebut merupakan salah satu bagian dari program yang kita berinama “Mari Kita Peduli”. Program ini gerakan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitar mereka,” terang Kapolsek Rengel AKP Musa Bakhtiar, Sabtu (20/02).

Menurutnya, dengan peduli lingkungan, semua aktivitas ataupun hal-hal yang mencurigakan dilingkungan desa dapat dideteksi sejak dini. Selain itu, kegiatan ini sebagai langkah antisipasi terkikisnya budaya seperti saling tegur sapa maupun kepedulian terhadap tetangga di kalangan masyarakat.

”Saat ini di desa-desa budaya ronda, kerjabakti, dan gotong royong itu sudah mulai terkikis. Melalui kegiatan ini kita berharap budaya-budaya yang luhur itu dapat tumbuh kembali,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Rengel, M Mahmud memberikan apresiasi terhadap program Gerakan Peduli Lingkungan yang dicanangkan Polsek Renge. Ia berharap masyarakat ikut mewujudkan kepedulian lingkungan demi menjaga keamanan dan ketertiban.

”Kita akan meminta kepada para Kades untuk mensosialisasikan kepada masyarakat. Ini bukan hanya langkah kita dari aparat saja, tapi masyarakat juga harus ada kepedulian untuk menjaga lingkungan masing-masing,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini banyak kerawanan yang harus diwaspadai di lingkungan warga masyarakat. Dengan kepedulian terhadap sesama diharapkan tidak sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti, kriminalitas.

”Kalau kita semua bersatu padu menjaga lingkungan. Pastinya tidak akan ada kejahatan yang terjadi dilingkungan kita, seperti pencurian atau perampokan,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban