PPK Minim Pendaftar Baru 21 Orang

Pendaftar PPK di KUPD Tuban
Pendaftar PPK di KUPD Tuban

kotatuban.com – Peminat untuk menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilu Kada Tuban sangat minim. Buktinya, sampai saat ini berkas pelamar PPK yang masuk ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban Jalan Pramuka baru 21 orang. Padahal anggota PPK yang diperlukan masing-masing 5 orang. Dengan 20 kecmartan se Kabupaten Tuban diperlukan 100 orang anggota PPK.

Pendaftaran untuk PPK akan berakhir 26 April mendatang. Dengan minimnya peminat pendaftar PPK tersebut dikhawatirkan akan mengganggu jalannya Pemilu Kada Kabupaten Tuban pada 9 Desember mendatang.

”Sampai saat ini pendaftar PPK masih minim, rata-rata tiap kecamatan belum mencukupi, padahal tiap kecamatan butuh 5 orang PPK. Tapi untuk yang mengambil folmulir ada banyak ,” terang, salah satu Komisioner KPU Tuban, Salamun kepada kotatuban.com, Kamis (23/03).

Menurutnya, minimnya minat pendaftar PPK tersebut, kemungkinan dikarenakan adanya pengumuman penerimaan PPK yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tuban nomor 43/Peng/KPU Kab-014329920/IV/2015 pada syarat pendaftaran PPK poin huruf K yang berbunyi belum pernah menjabat 2 (dua) kali sebagai anggota PPK.

”Kemungkinan ada aturan baru itu, sehingga PPK minim pendaftar. Biasanya, yang mau menjadi PPK kan orang itu-itu saja, dan rata-rata PPK di Tuban itu telah menjadi PPK lebih dua kali,” ungkapnya.

Diharapkan, lanjut Salamun, mantan-mantan anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang selama ini tugas ditingkat desa mau mendaftarkan diri di PPK. ”Yang dulunya menjadi PPS kami berharap mau mendaftarkan diri ditingkat kecamatan. Kalau PPS kan paling tidak sudah memiliki pengalaman tentang kepemiluan,” pungkasnya. (duc)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban