PT SI Manfaatkan Gas Buang untuk Pembangkit Listrik

image
Dirut PT SI, Suparni

kotatuban.com-PT Semen Indonesia bangun pembangkit listrik dari gas buang di pabrik PT Semen Gresik Tuban. Pembangkit listrik berbasis panas industri atau Waste Heat Recovery Power Generation (WHRPG) ini menggunakan energi dari gas buang proses pembakaran yang akan menghasilkan listrik 60 mega wat.

“Mesin ini akan memanfaatkan gas buang dari proses pembakaran untuk menghasilkan uap untuk mengoperasikan turbin generator penghasil energi listrik,”  ujar Direktur Utama Semen Indonesia, Suparni, Kamiis (12/05)

Menurut Suparni, listrik dari pembangkit tersebut akan digunakan untuk kebutuhan listrik pabrik sehingga mampu menekan biaya listrik hingga Rp150 miliar hingga Rp170 miliar per tahun.

Dijelaskan, investasi untuk membangun pembangkit listrik itu mencapai Rp620 miliar dengan 20 persennya dana hibah dari pemerintah Jepang. Saat ini proyek pembangunan pembangkit listrik telah mencapai 70 persen dan akan siap diuji pada akhir tahun ini.

“Karena proyek ini dianggap ramah lingkungan, makanya kami juga mendapatkan dana 20 persen dari pemerintahan jepang,” jelas Suparni.

PT Semen Indonesia juga akan terus mengembangkan teknologi ini di seluruh pabriknya dengan tujuan memgurangi dampak gas CO2 sekaligus membuat alat penangkap debu bekerja lebih baik agar lebih ramah lingkungan. (kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban