PT SI Panen Ikan Nila di Keramba Bekas Tambang

image
Dirut PT Si, Supari (dua dari kiri) tengah panen ikan nila keramba di bekas tambang
kotatuban.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memanen ikan nila di keramba apung di lahan pasca tambang, Desa Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, Senin (25/04).

Ikan-ikan nila yang dipanen di lahan bekas tambang tanah liat atau clay tersebut ditanam pada September 2015 lalu sebanyak 50 ribu ekor. Dari hasil.panen didapat ikan nila sebanyak 25 ton.

”Yang kita panen ini sekitar 25 ton. Sedangkan yang kita tanam pada 6 bulan lalu sebanyak 50 ribu ekor. Rata-rata perekor memiliki berat sekitar 0,5 kilogram,” terang, Direktur Utama PT Semen Indonesia , Suparni kepada sejumlah wartawan.

Menurutnya, untuk luas embung yang digunakan untuk keramba ikan nila seluas 8 hektar. Keramba ikan itu dikelola masyarakat sekitar perusahaan, dan didampingi oleh Semen Indonesia Foundation (SMIF).

”Perusahaan juga mempersilakan masyarakat sekitar perusahaan untuk memanfaatkan lahan pasca tambang untuk membuat keramba apung. Perusahaan juga mempersiapkan beberapa sarana dan prasarana, termasuk perahu untuk operasionalnya,” ujar Suparni. 

Lebih lanjut, Suprni mengatakan, bahwa Semen Indonesia bekerjasama dengan SMIF terkait budidaya ikan nila di keramba apung ini telah dilakukan sejak 2011 lalu. Selain itu, pengelolaannya keramba apung juga melibatkan warga sekitar perusahaan.

”Air yang di embung ini selain digunakan untuk keramba apung, juga digunakan pengairan tanaman petani yang memiliki lahan pertanian di sekitar perusahaan,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban