Puluhan Anak Ikuti Khitan Masal Sunan Bonang

image
Khitan masal di khoul Sunan Bonang Tuban

kotatuban.com – Puluhan anak dari berbagai daerah mengikuti khitanan massal yang digelar Panitia Haul Sunan Bonang, di Halaman Masjid Astana Sunan Bonang, Kamis (05/11) pagi. Tak hanya datang dari wilayah Tuban, peserta khitanan massal juga berasal dari daerah lain seperti, Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan. 

”Yang ikut khitan pada tahun ini 64 anak. Jumlah ini lebih sedikit dari yang kita targetkan. Kita menargetkan bisa mencapai 100 anak,” terang, Panitia Khitan Massal,Teguh saat ditemui kotatuban.com.

Dalam pelaksanaannya, khitan dilakukan oleh 5 orang mantri khitan dari panitia, dengan dibantu 10 orang tenaga medis dari Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Tuban.

”Kita menyediakan lima orang manteri sunat dan dibantu 10 orang tenaga medis dari RSNU Tuban,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini dilakukan untuk mengingat jasa Sunan Bonang dalam menegakkan ajaran agama Islam di Bumi Ronggolawe ini, serta mengingat kembali sifat rendah hati yang dimiliki Sunan Bonang terhadap fakir miskin.

”Tujuannya ini salah satunya untuk mengenang jasa-jasa Kanjeng Sunan Bonang waktu berdakwa di Kabupaten Tuban, mas,” ujarnya.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Khaul Akbar Sunan Bonang sudah dimulai sejak hari Selasa (27/10) yang lalu dengan agenda pertemuan Alim ‘Ulama se – Kabupaten Tuban di Masjid Astana Makam Sunan Bonang. Selanjutnya pada Minggu (01/11) kegiatan Tahtimul Qur’an bin Nadhor di seluruh masjid dan mushola se – Kecamatan Tuban. Kemudian pada Rabu (04/11) Tahtimul Qur’an bil Ghoib di masjid dan mushola se – Kecamatan Tuban. Dan pada malam harinya dilangsungkan pagelaran Hadrah ISHARI se – Jawa Timur dengan pembacaan Maulid Barzanji.

Sedangkan acara puncak Khaul Akbar Sunan Bonang dengan pengajian umum di Alun–alun kota Tuban dengan pembicara KH. Agus Mashuri dari Sidoarjo dan Habib Umar Muthohar dari Semarang, pada Kamis malam Jum’at Wage (05/11). (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban