Puluhan Hektar Sawah Siap Panen Terendam Banjir

image
Areal persawahan tetendam banjir

kotatuban.com – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tuban dalam beberapa hari terakhir membuat sejumlah areal pertanian diwilayah Tuban tergenang air. Termasuk puluhan hektar areal persawahan yang ada tanaman padi siap panen di Kecamatan Merakurak juga tergenag air. 

Data yang berhasil dihimpun  kotatuban.com, Kamis (11/02) setidaknya ada tiga desa yang wilayah pertaniannya terendam air akibat banjir. Yakni, di Desa Mandirejo ada sekitar 10 hektar sawah terendam air. Selain itu, di Desa Kapu sawah yang terendam banjir sekitar 20 hektar. Sedangkan, untuk Desa Bogorejo areal persawahan yang terendam air ada 10 hektar.

”Dari tiga desa tersebut ada 40 hektar areal persawahan terendam banjir. Dan sawah yang terendam air tersebut padinya sebentar lagi sudah siap panen,” terang, Sekretaris Kecamatan Merakurak, Gatot.

Menurutnya, untuk areal persawahan di wilayah Merakurak yang terendam banjir tersebut masih bisa diselamatkan. Pasalnya, rata-rata usia padi sudah hapir panen, kira-kira 1-2 minggu lagi sudah siap panen.

”Kalau padi yang terendam di wilayah Merakurak sebentar lagi sudah siap panen, dan padi tersebut masih bisa dipanen. Walaupun usia panen seharusnya masih kurang sekitar 1-2 minggu lagi,” ungkapnya.

Namun, lanjut Gatot mengatakan, dengan terendam banjir tersebut yang pasti petani akan merugi. Dengan terendam banjir kualitas padi akan menurun. Selain itu, cosh untuk panen juga bertambah.

”Meruginya petani karena kualitas gabah yang dipanen masih kurang bagus. Karena selain usianya kurang sekitar 1-2 minggu lagi juga karena habis terendam air. Juga biaya untuk panen juga bertambah,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban