Puluhan Pelajar Belajar Jadi Wartawan

image
Siswa SDIT Al Uswah Tuban antusias mendengarkan paparan wartawan

kotatuban.com – Sebanyak 92 pelajar dari Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Uswah Tuban berkunjung ke Balai Wartawan Tuban, Sabtu (30/04). Dalam kunjungannya, para pelajar yang tergabung dalam ekstrakulikuler jurnalistik itu ingin mengetahui lebih jauh terkait profesi seorang jurnalis. Selain itu, juga belajar kepada para wartawan bagimana cara membuat berita.

Puluhan pelajar tersebut mendapatkan pemahaman dan materi dari beberapa wartawan Tuban yang tergabung dalam Ronggolawe Press Soliarty (RPS).

‘Tugas wartawan itu adalah menyampaikan informasi yang benar sesuai dengan fakta kepada masyarakat atau pembaca,” terang, Sriwiyono kepada puluhan siswa tersebut.

Selain mendapatkan materi tentang bagaimana cara memperoleh berita. Para siswa tersebut juga diajak praktik menulis. Para siswa diajak untuk menuliskan pengalaman dan aktivitas pribadi para siswa. 

”Mari kita belajar menulis, dan nanti yang sudah selesai menulis maju kedepan untuk dibaca hasil tulisannya,” ungkap Edy Purnomo, pemateri lain di hadapan siswa.

Menurutnya, belajar menulis itu sangat mudah, asalkan rajin membaca dan mencoba dalam menulis. Serta banyak manfaat dari menulis, salah satunya menjernihkan pikiran dan membantu mendapatkan informasi baru atau mengingat informasi.

”Kalau mau menjadi penulis yang handal harus rajin-rajin membaca. Selain itu, juga tidak takut salah dalam menulis. Nanti pasti akan jadi penulis yang handal,” tandasnya.

Sementara itu, Nurul Naimah, salah satu pendamping dari sekolah, menyampaikan bahwa kunjungan ini untuk mengenalkan siswa tentang profesi wartawan. Serta memberikan wawasan dan pengetahuan baru tentang cara menulis yang baik.

”Kegiatan ini untuk memberikan motivasi kepada para siswa, agar tertarik dalam dunia tulis menulis,” pungkasnya. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban