Puluhan Tambang Kapur Perbukitan Ngerong Ditutup

Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein
Wabup Tuban, Noor Nahar Hussein

kotatuban.com-Pemkab Tuban akhirnya berani mengambil sikap dengan menutup puluhan penambang batu kapur ilegal di atas goa Ngerong, Kecamatan Rengel. Aktifvitas penambang liar itu diduga menjadi penyebab ambruknya dinding langit-langit obyek wisata Goa Ngerong.

”Ada puluhan titik pertambangan di atas perbukitan itu yang bawahnya merupakan alur sungai ngerong. Agar tidak terjadi ambruk susulan sepanjang alur goa ditutup,” kata wakil Bupati Tuban, Noor Nahar, Selasa (14/7).

Menurut Wabup, sungai Ngerong yang ada dalam goa adalah sumber penghidupan bagi warga sekitar. Selain untuk keperluan irigasi persawahan sungai tersebut juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan warga.

“Selain ini adalah salah satu icon Kabupaten Tuban di sektor wisata. Ini wajib kita selamatkan karena sungai dalam goa itu juga untuk irigasi persawahan, serta terdapat ekosistem di dalamnya yang hars kita jaga,” katanya.

Wabub menjelaskan, dalam waktu dekat, pemerintah Kabupaten Tuban bersaa dinas pertambangan dan, lingkungan hidup serta praktisi yang membidangi, akan melakukan penelitian sejauh mana kerusakan. Sel;ain itu juga untuk memastikan penyebab kerusakaan dan mencari solusinya.

“Saya sudah perintahkan Dinas Pertambangan dan Badan Lingkungan Hidup untuk menindaklanjuti, jika memang perlu akan kami gandeng ahlinya demi keselamatan Goa Ngerong itu,” jelas Noor Nahar.

Untuk diketahui, bagian atap Goa Ngerong ambruk beberapa waktu lalu. Meski tidak sampai menutup sungai dalam goa, material reruntuhan yang berada puluhan meter dari mulut goa berpotensi menciptakan pendangkalan sungai. (kim)

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban