Puluhan Warga Jarah Hutan Mulyoagung

image
Kayu hasil penjarahan yag diamankan petugas

kotatuban.com – Puluhan warga yang belum berhasil diketahui identitasya melakukan penjarahan di peta 10 dan 11 di wilayah Resort Pemangku Hutan (RPH) Mulyoagung, KPH Parengan. Penjarahan yang dilakukan sekitar 50 orag itu berhasil menebang dua truck kyu jati dan mhoni. Untungnya, sebelum berlanjut para penjarah itu keburu kabur saat ada petuga kepolisian bersama pihak Perhutani datang di lokasi penjarahan.

Dari informasi yang dihimpun, aksi penjarahan hutan tersebut dilakukan pada siang bolong. Namun, saat pelaku beraksi melakukan penebangan diketahui oleh petugas Perhutani yang sedang melakukan patroli.

”Awalnya kita mendapatkan laporan dari petugas Perhutani kalau ada penjarahan kayu hutan. Kemudian sebanyak tujuh anggota dari Polsek langsung saya pimpin untuk mendatangi lokasi,” terang Kapolsek Singgahan, AKP Totok, Jumat, (23/1).

Mengetahui, sejumlah petugas kepolisian bersenjata lengkap  yang langsung terjun dilokasi penjarahan yang berada di petak 10 dan 11 RPH Mulyoagung, para pelaku langsung berhamburan kabur.

”Saat kami tiba di lokasi kejadian pelaku langsung berhamburan kabur, dan kayunya ditinggalkan begitu saja. Diperkirakan kelompok mereka berjumlah sekitar 50 orang pelaku,” tandasnya.

Menurutnya, kelompok penjarah hutan tersebut berhasil melakukan penebangan kayu jati dan juga kayu mahoni. Petugas menemukan sebanyak dua truk kayu jati dan kayu mahoni yang ditinggalkan oleh pelaku saat akan dilakukan penangkapan.

”Total yang kita temukan dari lokasi ada dua truk kayu, untuk jumlah pastinya belum dihitung. Untuk kayu yang kita temukan kemudian diamankan dan di bawa ke TPK Singgahan,” lanjutnya.

Saat ini petugas kepolisian dari jajaran Polsek Singgahan, masih melakukan penyelidikan lebih lanjut atas kasus penjarahan hutan yang terjadi di wilayah tersebut. Selain itu, pihak kepolisian masih mencari identitas para pelaku maupun kelompok mana yang melakukan penjarahan hutan tersebut. (duc)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban