Puncak Musim Penghujan Waspadai Banjir dan Angin Puyuh

image
Banjir bandang mulai genangi sejumlah jalan utama di Tuban

kotatuban.com-Diprediksi puncak musim penghujan sejumlah wilayah di Kabupaten Tuba rawan bencana banjir bandang, angin kencang (puting beliung) hingga petir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menghimbau warga yang tinggal di wilayah rawan bencana mewaspadai potensi yang dapat terjadi untuk meghindari jatuhnya korban.

“Daerah-daerah yang rawan bencana saat musim penghujan yakni daerah sepanjang aliran Bengawan Solo. Daerah perbukitan kapur, denga potensi banjir bandang, serta angin dibeberapa daerah yang sering terjadi,” ujar Sekertaris Badan Penangglangan Bencana Daerah, Joko Ludiyono, Selasa (26/01).

Menurut Joko, daerah dengan potensi angin kencang adalah daerah yang berada di kaki pegunungan kapur selatan, seperti, Semanding, Grabagan, serta Kecamatan Merakurak, Parengan, dan Montong.

“Beberapa daerah ini, sering terjadi angin dan banjir bandang. Kami himbau warga tetap waspada saat turun hujan ” kata Joko.

Selain itu, lanjut Joko, yang patut diwaspadai adalah petir ketika hujan. Bahkan di beberapa kecamatan petir telah merenggut nyawa warga yang tengah beraktifitas di lahan persawahan saat hujan atau gerimis.

“Sepanjang musim penghujan ini, beberapa warga menjadi korban petir, seperti di Montong, dan yang belum lama ini seorang kakek di Parengan,” sambung Joko.

Untuk itu lanjut Sekertaris BPBD Tuban itu, warga harus waspada dan tidak melakukan aktifitass di luar rumah saat hujan, terutama di tanah lapang seperti lahan persawahan atau ladang. Tidak berteduh dibawah pohon dan menghindari berkendara bermotor roda dua saat hujan deras.(kim)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban