​266 Siswa Ikuti Olimpiade Bahasa Inggris

kotatuban.com – Sebanyak 266 siswa SMP dan SMA sederajat se Kabupaten Tuban mengikuti olimpiade atau lomba Bahasa Inggris yang digelar PT Semen Indonesia (SI). 
Acara tersebut merupakan rangkaian ulang tahun ke 59 pabrik Gresik PT Semen Indonesia grup. Perhelatan yang digelar di gedung Graha Sandiya tersebut dibagi menjadi tiga sesi.

‘’Sebanyak 266 peserta ini masing-masing sudah pernah menjalani seleksi di sekolah masing-masing,’’ ujar ketua panitia lomba Nalendra Permana saat ditemui di lokasi.

Dia mengatakan, peserta dari SMP dan sederajat sebanyak 78 peserta dan SMA,SMK dan MA sebanyak 188 orang. Para peserta sudah mendaftar ikut menjadi peserta sejak tiga hari sebelumnya. Baik mendaftar secara kolektif maupun perorangan. ‘’Kami bekerjasama dengan MGMP Bahasa Inggris SMK,’’ tambahnya.

Tahap pertama kata dia, masing-masing peserta harus menjalani seleksi dengan mengerjakan soal pilihan ganda yang disediakan panitia. 

Dari seluruh peserta, diambil 40 persen di masing-masing tingkatan. Peserta yang lolos 40 persen itu diuji lagi dengan membuat esai. 

‘’Diambil enam orang terbaik dari kategori SMP dan SMA,’’ terangnya.

Setelah masing-masing mendapat enam terbaik, untuk menentukan juara, enam terbaik itu harus mempresentasikan esai yang dibuat atau dia menunjukkan kemampuan Bahasa Inggris di depan juri. 

Dari masing-masing kategori diambil juara pertama, kedua dan ketiga. Juga ada juara harapan pertama, kedua dan ketiga. 

Para juara,  selain menerima hadiah uang, para juara juga menerima piagam. Tingkat SMP menerima hadiah uang pembinaan Rp 750 ribu, juara kedua Rp 500 ribu dan juara ketiga Rp 300 ribu. Sedang kategori SMA menerima juara pertama Rp 800 ribu, juara kedua Rp 600 ribu dan juara ketiga Rp 400 ribu. 

Sementara Ketua Bidang Lomba ulang tahun pabrik Gresik M. Zulaikhan didampingi Ketua Panitia ulang tahun pabrik Gresik Wahyu Darmawan mengatakan, lomba Bahasa Inggris tersebut baru kali pertama digelar. Ke depan, jika dievaluasi responnya bagus, bisa menjadi agenda rutin tahunan.

‘’Memang baru kali pertama.Kami ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris para siswa melalui lomba ini,’’ tandasnya.(yit

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.