Cuaca Buruk, Aktifitas Melaut Nyaris Berhenti

kotatuban.com-Cuaca buruk membuat ratusan nelayan di Kabupaten Tuban, terutama kapal berukuran sedang tidak dapat melaut mencari ikan. Sudah lebih dari lima bulan mereka nganggur, karena kondisi cuaca belum bersahabat bagi mereka.

Kondisi tersebut menimpa ratusan nelayan di Desa Karangagung, Kecamatan Palang Tuban. Mereka tidak dapat melaut cukup lama, banyak nelayan yang terpaksa menghutang untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka selama tidak melaut ini.

“Kalau tidak melaut ya hutang duluh untuk memenuhi kebutuhan, nanti dibayar kalau kondisi sudah membaik,” ujar  Jono, nelayan warga Kecamatan Palang.

Di kawasan tempat pelelangan ikan sekaligus dermaga pembongkaran ikan Desa Kradenan, Palang,  nampak perahu nelayan terparkir dan besandar. Nelayan di tempat itu hanya beraktfitas sekedarnya. Cuaca buruk membuat mereka kesulitan utuk memulai aktifitas melaut yang biasanya mereka lakukan setiap hari.

“Mau melaut bagamana cuaca berubah-ubah, bukan hanya bahaya ombak tinggi cuaca ini juga membuat ikan sulit didapatkan,” keluh nelayan Palang, Jono, Selasa (25/10).

Alhasil, kesempatan menganggur tersebut dimanfaatkan sebagian nelayan untuk memperbaiki mesin dan peralatan menangkap ikan yang sudah rusak. Sebagian lagi memilih menyiapkan jaring sambil menunggu cuaca membaik.

Para nelayan mengaku cuaca yang tak pasti ini, sudah berlangsung cukup lama, antara empat hingga lima bulan. Bahkan dalam kurun waktu tersebut, aktifitas melaut nyaris berhenti total. Mreka berharap cuaca buruk ini segera berakhir agar aktfitas melaut kembali normal.

“Hutang sudah jutaan mas, kerjaan tidak ada, kebutuhan terus berjalan. Kondisi ini sudah biasa , mudah-mudahan kondisi ini cepat membaik,” harap Jono.

Dampak cuaca buruk tidak hanya dirasakan nelayan, pekerja bongkar dan angkut ikan yang biasanya mendapatkan pundi-pundi rupiah dari aktifitas bongkar muat setiap harinya, juga ikut merasakan dampak cuaca buruk ini.

“Sepi, tidak ada ikan, paling nelayan pingir. Kapal besar yang biasanya bongkar puluhan ton ikan belum melaut,” kata kuli bongkar muat, Kasmolan, yang ditemui di lokasi pelelangan Ikan Kecamatan Palang. (kim)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.