Dana Desa Naik, Desa Percepat Pembangunan

kotatuban.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memastikan bahwa pada tahun 2017 Dana Desa (DD) akan mengalami kenaikan. Bertambahnya dana pemerintah pusat yang bergulir ke desa tersebut disampaikan Joko Widodo saat melakukan pengecekan penggunaan DD secara langsung di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Senin (28/11) lalu.
Jika pada tahun 2016 ini, pemerintah mengalokasikan Dana Desa sebesar Rp 47 triliun. Dan pada tahun anggaran 2017 mendatang, dana tersebut akan dinaikkan menjadi Rp 60 triliun. Setelah itu DD akan terus dinaikkan lagi dari tahun ketahun.
”Tahun depan DD sudah Rp 60-an triliun. Sudah lebih besar dari tahun ini yang hanya Rp 47 triliun. Tahun depannya, kemarin juga sudah kita hitung-hitung, saya mau naikkan dua kali lipat. Pada 2018 dua kali lipat, tapi masih dihitung,” kata Presiden Jokowi usai meninjau pemanfaatan Dana Desa, di Desa Sumurgeneng.
Presiden Jokowi menyampaikan harapannya agar penyaluran DD bisa memberikan efek perputaran uang di bawah, di desa, di daerah, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari dana tersebut. Selain itu, percepatan ekonomi di desa juga semakin cepat dengan adanya DD ini.
”Saya cek besar anggaran Dana Desanya Rp 600 juta, terus dari Bupati dan Gubernur di angka Rp 400 juta. Yang Rp 400 juta untuk operasional pemerintahan desa, kemudian yang Rp 600 juta full untuk infrastruktur. Ini saya kira akan sangat bagus sekali,” tutur Presiden.
Sedangkan, di Kabupaten Tuban sendiri 311 desa yang ada di Bumi Wali ini penerimaan Dana Desa pada tahun 2017 akan mengalami kenaikan. Total Dana Desa dana desa yang diterima Kabupaten Tuban pada 2016 ini sekitar Rp 197 miliar. Sedangkan, pada tahun 2017 mendatang akan menerima DD sekitar Rp 224 miliar. Jika pada pada tahun 2016 per desa menerima sekitar Rp 600 juta, dan pada tahun 2017 mendatang per desa akan menerima sekitar Rp 720 juta. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.