Jeruk Dermawu Mulai Panen

Petani jeruk Dermawuharjo saat panen jeruk
Petani jeruk Dermawuharjo saat panen jeruk

kotatuban.com -Warga Desa Dermawuharjo, Kecamatan Grabagan, Tuban, menuai hasil. Buah jeruk dari pohon yang sudah dianam sekitar lima tahun silam memasuki panen perdana dengan hasil cukup menggembirakan.

Usaha warga membudidayakan buah jeruk ini dilakukan di tanah berbatu perbukitan kapur Tuban. Bibit jeruk didapat dari pemerintah yang diberikan gratis kepada warga di desa itu.

“Pohon dari kecamatan diberikan kepada warga sini lima tahun lalu,“ ujar Sarmini (60), salah satu pemilik kebun Jeruk, Senin (01/08).

Terdapat sekitar 10 hektar lebih lahan milik warga Desa Dermawuharjo yang ditanami pohon jeruk. Warga yang dulunya hanya menanam jagung, mulai membudidayakan pohon jeruk setelah mendapat pembagian bibit gratis. Bertani jeruk kini mampu menjadi tambahan sumber penghasilan warga selain sebaga petani jagung atau palawija.

“Lahan di desa ini lebih dari 10 hektar, awalnya dapat bibit dari pemerintah, tujuannya memang untuk ditanam,” terang petani jeruk lain, Kumandar.

Hasil panen perdana ini cukup melimpah, dari lima ratus pohon/ petani bisa mendapat satu ton lebih buah jeruk matang. Sementara harga jual buah jeruk tergolong tinggi, yakni Rp 7.000 per kilogram.

“Alhamdulillah, kalau masa penen hasilnya lumayan,” terangnya

Panen perdana buah jeruk ini mengundang penasaran masyarakat, sebab tidak banyak kebun jeruk yang ada di Kabupaten Tuban ini. Tidak heran kebun jeruk milik warga ini didatangi sejumlah pengunjung yang datang dari desa-desa tetangga, maupun luar kecamatan Grabagan. Dari hanya sekedar jalan-jalan pengunjung juga banyak yang mencoba dan membeli jeruk dari Dermawuharjo itu.

“Sekedar jalan-jalan, itung-itung liburan, biasanya yang ada wisata buahkan di Malang. Lebih senang, bisa metik sendiri, kemudian kita makan, kalau beli dari kebun sekilo cuma Rp 7.000 bisa milih jeruknya,”  ujar Hendi, warga Sukolilo, Tuban.

Meski ramai pengunjung, namun para petani belum berfikir untuk mengelola kebun jeruk menjadi lokasi wisata. Tapi paska panen ini pengembangan rasa dan peningkatan kualitas akan dilakukan melalui perawatan. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.