Kemenkumham Sosialisai AHU Online

kotatuban.com – Kementerian Hukum dan HAM melakukan sosialisasi terkait Administrasi Hukum Umum (AHU) Online. Sosialisasi yang dihadiri notaris, pengurus yayasan, kepala sekolah, perguruan tinggi, dan unsur masyarakat terkait dari Kabupaten Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro tersebut dilaksanakan di Hotel Mustika, Selasa (29/11).
”Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini diharapkan agar para notaris selaku stakeholder dapat mempergunakan aplikasi AHU Online secara lancar dan tepat waktu. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam UU No 25/2009 tentang pelayanan publik,” terang Kepala Humas Dan Bagian Umum Kemenkumham, Sucipto.
Dengan adanya aplikasi online ini akan mempermudah masyarakat dalam proses pembuatan CV, PT, maupun yayasan  secara cepat. Jika perlengkapan pendirian lembaga lengkap dalam hitungan menit dengan adanya sistem AHU Online ini akan selesai.
”Sekarang untuk membuat perijinan pendirian lembaga seperti CV, PT, maupun yayanan tidak usah menunggu besok atau lusa. Namun, dalam hitungan menit sudah jadi asalkan persyaratannya lengkap. Selain itu, masyarakat juga bisa mengecek secara langsung kondisi lembaga melalui AHU online ini,” tandasnya.
Selain itu, lanjut pejabat Kemenkumham kelahiran Kecamatan Palang tersebut mengatakan, dengan adanya sistem online ini juga untuk menghindari praktek pungutan liar (Pungli). Pemberantasan Pungli merupakan salah satu program reformasi hukum dan menjadi agenda strategis pemerintah untuk memulikan kepercayaan publik terhadap hukum.
”Dengan adanya sistem online ini dapat dipastikan Pungli tidak akan ada. Karena tidak ada sentuhan secara langsung dengan manusia. Masyarakat juga bisa mengecek biaya apapun terkait perijian mendirikan lembaga apapun melalui internet. Saat ini Kemenkumham benar-benar transparan,” pungkasnya. (duc) 
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.