Mahasiswa Demo, Anggota Dewan Kunker

kotatuban.com – Sembilan mahasiswa yang tergabung dalam Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) Kota Tuban melakukan aksi demo di gedung DPRD Tuban, Jalan Letda Soejipto, Senin (27/08).

Namun, aspirasi dan tuntutan mahasiswa yang demo tak mendapat tanggapan dari wakil rakyat. Pasalnya, seluruh anggota dewan sedang melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di beberapa tempat.

”Kita sangat kecewa karena tidak ada satupun anggota dewan yang menemui kita. Kita akan menggelar aksi yang lebih besar dalam waktu dekat ini,” jelas Mustakim, Koordinator Lapangan (Korlap) Aksi tersebut.

Meski mengetahui anggota DPRD tidak ada, para mahasiswa tersebut tetap menyampaikan aspirasinya di depan kantor dewan. Dengan menyuarakan beberapa tuntutan tentang Bangun Persatuan Nasional, hentikan isu sara (suku, agama, ras, dan antargolongan), dan laksanakan Tri Sakti.

”Kita punya empat tuntutan dalam aksi ini, walaupun tadi kita tidak ditemui dewan,” ungkap Korlap aksi itu.

Menurutnya, tuntutan pertama hentikan politik isu sara dan ganti haluan ekonomi. Kedua tegak akan UUD 1945 dengan melaksanakan pasal 33 yang salah satu isinya menyebutkan penguasaan perekonomian terkait hasil kekayaan alam harus berpatok kepada kepentingan bersama, dan untuk kemakmuran rakyat yang berasaskan kepada keadilan.

”Jangan sampai bangsa ini terpecah belah dengan adanya kubu ganti presiden dan tetap lanjutkan Presiden,” tambah Mustakim, saat di gedung dewan.

Lebih lanjut, tuntutan ketiga tentang wujudkan pendidikan gratis, ilmiah, dan demokratis. Selanjutnya, keempat tingkatkan produksi lokal untuk mewujudkan kedaulatan pangan Nasional.

”Jangan sampai bangsa ini impor terus, sehingga perlu ditingkatkan produksi lokal,” tegasnya.

Menanggapi hal itu, Kabag Humas dan Hubungan Antar Lembaga DPRD Tuban, Sri Hidajati, menyampaikan bahwa saat ini anggota dewan tidak ada ditempat karena sedang melaksanakan kunjungan kerja.

”Seperti Komisi D melakukan kunjungan ke Montong terkait izin tambang,” kata Sri Hidajati.

Kemudian Ia menambahkan untuk Komisi B melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Palang dan Plumpang. Sedangkan Komisi A di Kecamatan Bancar terkait penghasilan dan dana desa.

”Komisi C DPRD melakukan kunjungan kerja ke Sidoarjo berkaitan tentang beras raskin Evoucher. Dan nanti tuntutan para mahasiswa ini akan kita sampaikan kepada pimpinan,” pungkasnya. (rto)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban