Manfaatkan Musim Mudik, Pemohon SIM Membludak

Antrean pemohon SIM di Polres Tuban
Antrean pemohon SIM di Polres Tuban

kotatuban.com-Pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, pemohon Surat Ijin Mengemudi (SIM) baru dan permohonan perpanjangan surat lisensi mengemudi tersebut mengalami peningkatan drastis dibanding hari biasa.

Pemohon surat ijin mengemudi dan perpanjangan rata-rata adalah warga Tuban yang bekerja atau merantau ke luar daerah yang memanfaatkan libur Idul Fitri untuk mengurus permohonan SIM maupun perpanjangan selama berada di rumah.

Peningkatan permohonan SIM sudah terjadi sejak hari pertama masuk kerja atau pertama buka pelayanan SIM setelah libur lebaran. Ratusan orang mengantre dan memenuhi ruangan Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Tuban.

“Sejak kemarin setelah liburan selama lebaran ini memang ada peningkatan drastis untuk pengajuan SIM,”  Ujar IPTU Ayip Rizal, Kanit Regident Sat Lantas Polres Tuban, Kamis (14/07).

Dijelaskan, peningkatan jumlah pemohon SIM memang sering terjadi di moment-moment tertentu, salah satuunya pasca libur hari raya. Pada hari biasa normalnya pemohon SIM hanya 100 orang saja. Sedangkan selama dua hari ini warga yang melakukan perpanjangan SIM dan pengajuan baru mencapai rata-rata 300 orang per hari.

“Untuk jumlah hari ini pemohon SIM sebanyak 303 orang. Dari jumlah itu yang melakukan perpanjangan sebanyak sekitar 250 orang, sisanya pengajuan pembuatanSIM  baru,” terangnya.

Sementara itu, Imam, seorang warga mengaku akan melakukan perpanjangan, meskipun masa berlaku SIM-nya masih tiga bulan lagi. Sehingga, saat habis berlakuknya dia tidak perlu lagi pulang ke Tuban untuk emmperpanjang SIM-nya.

“Sebenarnya masih belum habis masa berlakunya, tapi mumpung masih belum balik ke Jakarta, makanya perpanjangan dulu,” kata Imam, salah satu pemohon perpanjangan SIM di Polres Tuban. (kim)

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.