Nyasar di Sawah Buaya Ditangkap Warga

image
Buaya yang ditangkap warga

kotatuban.com-Warga RT 4 RW 1  Dusun Muruni, Desa Sidomulyo, Kecamatan Jatirogo, menangkap seekor buaya di area persawahan desa setempat. Buaya yang memiliki panjang sekitar 1 meter itu, saat ini diikat menggunakan rantai di belakang rumah salah seorang warga dan menjadi tontonan.

Menurut keterangan, buaya itu ditangkap warga pada Jumat (24/06) lalu sekitar pukul 02.00. oleh  Sudarko, Dikun, dan Harso dibantu warga lainnya.

Awalnya, Sudarko yang akan pergi ke area persawahan tidak jauh dari rumahnya di Dusun Muruni, melihat sepasang mata binatang yang tidak umum dijumpai didaerah itu. Setelah dipastikan mata yang dilihat adalah mata seekor buaya. Selanjutnya warga  menangkap buaya tersebut agar tidak mengancam keselamatan penduduk.

Keberadaan buaya membuat warga kampung ketakutan. Apalagi beredar kabar jika terdapat buaya lainnya yang masih lepas dan saat ini berkeliaran di Sungai desa itu. Kebiasaan mereka mandi dan mencuci pakaian di sungai pun ditinggalkan, warga juga takut pergi ke sawah.

“Ini ada kabar, tidak tahu benar atau salah, ada yang bilang tujuh buaya lepas dari pemiliknya, ada yang bilang lima, ada lagi yang bilang dua. Kabar itu mengkhawatirkan warga,” kata Sudarko, Senin (27/06).

Warga kampung Muruni sebenarnya ingin menyerahkan buaya tersebut kepada aparat pemerintah, namun, mereka tak tahu harus melaporkan kemana. Sayangnya, tak ada satu pun aparat pemerintahan datang memberi solusi sejak tertangkapnya buaya itu.

“Mau dipotong ya tidak berani,  memelihara juga takut, katanya binatang ini dilindungi. Sekarang warga ketakutan, semua tidak berani lagi ke sungai,” papar pencari belut dan katak di area persawahan ini.

Warga berharap, jika memnag buaya itu dilindungi petugas terkait segera mengambilnya, warga juga tidak mungkin merawat buaya itu, dan tidak mungkin melepaskanya kembali. (kim)

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.