Pasar Tumpah Glondong Titik Macet Pantura Tuban

Pasar tumpah Glondonggede titik macet Pantura
Pasar tumpah Glondonggede titik macet Pantura

kotatuban.com – Memasuki arus mudik lebaran 2016, jalur pantura Kabupaten Tuban mulai dipadati kendaraan pemudik baik dari arah Semarang menuju Surabaya maupun sebaliknya. Kepdatan kendaraan tersebut terlihat di sapanjang jalur Pantura Tuban mulai dari Kecamatan Widang hingga Kecamatan Bancar.

Kasat Lantas Polres Tuban, AKP Dhino Indra, saat dikonfirmasi mengatakan, sejauh ini kepadatan di jalur Pantura Tuban masih terpantau lancar. Meski demikian patut diwaspadai titik rawan macet di Pantura Tuban, yakni, di kawasan pasar tumpah dan Tempat Pelelangan Ikan Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo Tuban.

“Masih belum signifikan peningkatan jumlah kendaraan, namun, perlu diwaspadai Tuban ada satu titik rawan macet yakni pasar Desa Glondonggede dan TPI desa setempat yang berada di satu titik,” kata AKP Dhino, Rabu (29/06).

Potensi kemacetan di lokasi terebut disebabkan banyaknya aktivitas warga pada jam-jam tertentu, yakni, saat aktivitas di pasar bersamaan dengan kedatangan nelayan dari laut untuk proses pelelangan ikan.

Kondisi tersebut juga diperparah dengan minimnya fasilitas lahan parkir baik di pasar maupun di TPI Desa Glondonggede. Tidakadanya lahan parkir yang memadai serta jarak pasar dengan jalan yang nyaris tanpa pembatas membuat sebagian pengunjung pasar beraktivitas di badan jalan, seperti bongkar muat hingga memarkir kendaraan mereka.

“Di tempat itu nanti akan dijaga petugaas secara sift selama 24 jam untuk mencairkan lalulintas di lokasi tersebut, setelah gelar pasukan besok,”  terang Dhino.

Dhino menyampaikan, sepajang jalur Pantura Tuban kepolisian akan mendirikan belasan pos mudik yakni 3 pos pengamanan, 1 pos pelayanan yang ada di Rest Area Tuban dan 14 pos pantau yang akan disebar di titik-titik sepanjang Pantura Tuban.

Tidak hanya polisi yang akan bertugas di tiap-tiap pos, namun, juga ada petugas lain seperti, Dinas Perhubungan, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, hingga Dinas Kesehatan yang akan berjaga di pos-pos yang ditentukan.

“Penjagaan kita bersifat terpadu, sehingga di pos-pos yang ditentukan bukan hanya Polres saja, namun, juga Kodim, Satpol PP, Dinas Perbubungan dan Dinas Kesehatan,” terang Kasat Lantas Polres Tuban itu.

Kasatlantas menghimbau kepada pengguna kendaraan yang akan mudik ke kampung halaman agar memanfaatkan fasiltas istirahat yang disediakan. Apalagi Tuban merupakan jalur lelah baik dari arah Surabaya maupun Semarang. Capai dan lelah dapat menurunkan konsentrasi dan berpotensi menumbulkan kecelakaan lalulintas.

“Tuban adalah jalur lelah, jadi para pemudik beristirahat lah jika merasa lelah atau mengantuk agar tidak membahayakan, sebab saat mengantuk konsentrasi menurun dan dapat menimbulkan kecelakaan. (kim)

 

 

Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.