Pemkab Tuban Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan

kotatuban.com – Guna meningkatkan pemahaman peserta didik mengenai kependudukan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa  dan Keluarga Berencana  (Dispemas Desa dan KB) Kabupaten Tuban,  menyelenggarakan Sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan menuju Generasi Berencana (Genre) di Sekolah.
Kegiatan di ruang rapat Setda Kabupaten Tuban  ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Sunarto. Tampak hadir Kabid Pengendalian Kependudukan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Shofia Hanik, dan Kepala Dispemas dan Desa, dan KB Kabupaten Tuban, Mahmudi.
Sunarto menyatakan,  Pemkab Tuban mengapresiasi  terselenggaranya kegiatan yang diikuti 40 guru dari sekolah tingkat SMP dan SMA, Insan Genre, Pusat Informasi Kependudukan (PIK) di Kabupaten Tuban.
Menyikapi berbagai dampak kependudukan, lanjut Sunarto, diperlukan upaya konkrit untuk mengantisipasi,  dan mengatasi permasalahan yang ditimbulkan. Diperlukan sinergitas antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memaksimalkan langkah yang diambil.
“Salah satunya  melaui sektor pendidikan dengan melibatkan guru,” ungkap mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tuban itu, Jumat (31/08).
Dengan mengintegrasikan materi ke dalam kurikulum pendidikan, diharapkan peserta didik dapat lebih memahami mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kependudukan. Diantaranya,  pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi remaja, pendewasaan usia nikah, peningkatan kualitas penduduk usia produktif, serta dinamika penduduk.
Oleh karena itu, Sunarto menekankan, bahwa berbagai pihak perlu segera menindaklanjuti sosialisasi ini dengan membentuk Sekolah Siaga Kependudukan.
Di samping itu, perlu mengaitkan dengan permasalahan lain yang dihadapi remaja.  Melalui cara itu, akan mampu mengembangkan pola pikir dan kemampuan peserta dalam menyikapi kependudukan.
“Juga sebagai upaya untuk menyiapkan dan membentuk generasi muda yang berkualitas,” tegasnya.
Sementara itu, Kabid Pengendalian Kependudukan dan KB Dispemas Kabupaten Tuban, Suwahyu, mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah pembinaan bagi guru untuk mendukung program kerja Pemkab Tuban.  Tidak hanya itu, narasumber yang dilibatkan pada kegiatan ini berasal dari BKKBN Provinsi Jawa Timur, BNNK Tuban, dan Dispemas Kabupaten Tuban. (rto)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban