Peringati Tahun Baru Islam, Pemkab Tuban Gelar Festival Muharram

kotatuban.com – Peringati Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1440 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar Festival Muharram.
Festival Muharram Tuban Bumi Wali yang digelar sampai tanggal 18 September 2018, yang dalam rangkaiannya akan digelar berbagai acara, diantaranya Lomba Da’I Da’iyah, Lomba nasyid, Festival Band Musik Islami tingkat SMP/Mts dan SMA/SMK/MA.
”Sebagai pembuka Kegiatan ini adalah Pengajian dengan menghadirkan pembicara KH, Agus Ali Masyhuri (Gus Ali) dari Pondok Pesantren Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo, pada Selasa Malam (11/09) kemarin,” terang Asisten Administrasi Umum Setda Tuban, Achmad Amin Sutoyo, Rabu (12/09).
Selain itu, pada 1 Muharram juga digelar pawai ta’aruf yang diikuti lebih dari 4000 santri dan Ustad / ustadzah se-Kabupaten Tuban. Pawai ta’aruf tersebut berasal dari 33 kafilah dari 20 Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) se-kabupaten Tuban,  perwakilan Lembaga Pendidikan Islam (LPI), Sekolah dibawah PD Muhammadiyah dan Lembaga Pendidikan Ma’arif Se-Kabupaten Tuban.
”Festival Muharram dilaksanakan dengan tujuan menyemarakkan Tahun Baru Islam sebagai budaya islam yang merupakan agama mayoritas di Kabupaten Tuban. Selain itu kegiatan ini juga untuk syiar guna meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Selain itu sebagai sarana silaturahmi dalam memperkuat ukhuwah Islamiyah,” ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda menyampaikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Festival Muharram ini sebagai rangkaian dalam memperingati Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah.
”Memang sepatutnya kita sebagai umat islam menyambut gembira dengan Tahun Barunya ini,” ujarnya.
Bupati mengajak semua masyarakat Tuban kembali mengingat jaman dahulu, kisah terjadinya Hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah Ke Madinah, peristiwa besar yang patut menjadi pelajaran penting umat Islam.
”Selama 40 Tahun hidup di Mekkah, Islam belum berkembang dengan pesat, tetapi setelah Nabi Muhammad SAW berhijrah Ke Madinah, Perkembangan Islam menjadi luar biasa,” jelas Bupati Huda.
Bupati berharap dengan Tahun Baru ini dapat menjadikan setiap orang dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari pada tahun sebelumnya. ”Semoga ditahun baru ini kita akan lebih baik dari tahun kemarin,” pungkasnya. (duc)
Print Friendly, PDF & Email

Direkomendasikan untukmu

About the Author: kotatuban